Punya Pengaruh Besar, Inilah 3 Fungsi Seorang KOL dalam Marketing
(Pexels/Los Muertos Crew)
Memang seorang influencer atau KOL memiliki pengaruh yang besar di masyarakat. Influencer dengan kreativitas dan keunikannya, sedangkan KOL dengan pengalaman serta profesinya yang membuat mereka dipercaya.
Oleh karena itu, influencer dan KOL ini sangat dibutuhkan dalam marketing, karena punya kemampuan menggaet para target audiens untuk menggunakan produk yang mereka promosikan.
Maka dari itu, berikut ini merupakan fungsi seorang KOL yang sangat dibutuhkan dalam dunia marketing. IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini!
1. Bisa bantu brand mempromosikan produk mereka
Secara tidak langsung, seorang Key Opinion Leader (KOL) ketika melakukan social media marketing di akun pribadi mereka, itu artinya mereka sedang membantu proses promosi produk dari sebuah brand.
Dengan jumlah followers yang banyak, kemungkinan sebuah brand akan dikenal oleh orang banyak nih. Sehingga mereka tak segan mencari lebih banyak mengenai produk atau brand, baik itu lewat media sosial atau website yang brand itu punya.
Baca juga: Apa Saja Tugas Seorang KOL Management di Suatu Perusahaan?
Setelah dirasa sudah kenal dan mengetahui apa kebutuhannya, tidak dapat dipungkiri akan ada proses transaksi dalam bisnis yang sedang dijalankan. Menguntungkan bukan?
2. Bisa bantu meningkatkan kredibilitas sebuah brand
KOL ini orang yang dipercaya karena experience atau pengalamannya, maka ketika sebuah brand menggaet mereka, secara tidak langsung nama brand ini akan terangkat juga nih.
Kredibilitas yang dimiliki oleh seorang KOL mampu mengalami perubahan ke arah yang positif, seorang customer yang melihat promosi dari seorang KOL ini akan mudah percaya dan terpengaruh rekomendasi untuk membeli atau memilih brand tersebut ketimbang memilih brand kompetitor yang tanpa menggaet seorang KOL.
Baca juga: Manfaat Memiliki KOL Management di Suatu Perusahaan atau Bisnis
Banyak kita temui beberapa brand yang menggaet seorang KOL, misalnya brand air mineral Le Minerale yang menggaet dr. Reisa Broto Asmoro, KOL di bidang kesehatan.
Bahkan iklan pembersih perlengkapan memasak seperti Mama Lemon pun menggaet Chef Arnold sebagai KOL mereka, demi meyakinkan bahwa brand mereka yang terbukti ampuh dan direkomendasikan oleh para ahli di bidang masing-masing.
3. Bisa bantu menambah jumlah pelanggan
Kunci dari ingin mendatangkan banyak pelanggan ketika menggaet KOL adalah kredibilitas, jadi pemilihan KOL harus selektif dan terbukti dengan pengalaman selama bertahun-tahun.
Pelanggan bertambah bukan hanya faktor kredibilitas saja, tetapi seorang KOL itu sendiri yang mempromosikan di media sosialnya dibarengi dengan ulasan positif yang disampaikan oleh orang-orang terhadap satu produk.
Baca juga: Mengenal KOL Management, Peran Penting dalam Sebuah Perusahaan
Maka, jika ingin menambah jumlah pelanggan, dari segi produk harus dibenahi dan baik, dari segi KOL memilih yang kredibel dan berpengalaman, serta ada aktivitas social media marketing sebagai intinya.
Tak heran bukan KOL saat ini menjamur dan banyak digunakan oleh para brand yang ingin mendapatkan pelanggan yang banyak serta menaikan kredibilitas sebuah brand itu sendiri. Jadi, selektif dalam memilih KOL adalah kunci setiap promosi ya SobatIAM!
Comments
No Comment yet