Peran ORM dalam Membangun Brand yang Terpercaya di Dunia Online
Dunia digital udah bikin semua brand jadi merasa wajib untuk jadi yang kuat dan terpercaya. Apalagi banyaknya informasi yang tersebar di internet, mudah banget buat audiens untuk membentuk opini tentang bisnis maupun suatu produk, baik itu positif maupun negatif. Nah, di sinilah peran ORM (Online Reputation Management), ORM membantu-mu membangun citra yang positif dan menjaga kepercayaan pelanggan di dunia maya. Yuk, bahas lebih dalam tentang peran ORM dalam membangun brand yang terpercaya di dunia online!
Baca juga: AI Influencer Menjadi Game- Changer di 2025 di Dunia Influencer Marketing
Apa itu ORM dan Mengapa Penting?
ORM atau manajemen reputasi online adalah proses memonitor, memelihara, dan membangun citra brand di dunia digital. Melalui ORM, brand bisa mengontrol gimana brand dilihat publik di berbagai platform media sosial, forum, atau review situs. Nah sekarang banyak orang yang mencari ulasan dan pendapat tentang produk atau layanan sebelum membuat keputusan pembelian. Jadi, ORM bukan cuma penting, tapi krusial banget dalam mempertahankan brand yang positif.
Ketika ORM dilakukan dengan baik, brand jadi bisa mengelola ulasan negatif dengan bijak, juga memanfaatkan ulasan positif untuk memperkuat branding dan influencer marketing yang lebih kuat.
Baca juga: IAM.id Berpartisipasi dalam Event InnoSphere 2024: Dorong Inovasi dan Kolaborasi di ITB Innovation Park
1. ORM Bantu Menjaga Reputasi di Media Sosial
Sosial media adalah tempat yang pas buat membangun kepercayaan, serta bisa jadi tempat yang penuh tantangan. Sekali aja brand terkena masalah atau mendapat kritik, berita tersebut bisa viral dan menyebar dengan sangat cepat. Nah, ORM hadir untuk mengelola dan merespons setiap komentar atau ulasan di platform seperti Instagram, Facebook, X, atau TikTok dengan cara yang tepat.
Salah satu bagian paling penting dari ORM adalah gimana brand merespons komentar negatif. Menyikapi kritik dengan positif, profesional, dan solutif bisa mengubah citra negatif menjadi kesempatan untuk menunjukkan komitmen terhadap kualitas dan pelayanan. Ingat, audiens akan melihat gimana brand menanggapi keluhan, jadi berikan jawaban yang baik!
Peran ORM dalam Membangun Brand yang Terpercaya di Dunia Online. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Maksimalisme dalam Branding: Menghadirkan Karakter yang Lebih Kuat dan Unik di 2025
2. Gunakan Influencer Marketing untuk Membangun Kredibilitas
Influencer marketing adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan dengan audiens. Influencer yang udah punya hubungan dengan audiens mereka cenderung dipercaya dibandingkan iklan tradisional. Namun, ORM juga berperan besar dalam memastikan influencer terpilih benar- benar sesuai dengan nilai branding.
ORM penting dalam influencer marketing, karena kesalahan memilih influencer bisa merusak citra brand. Nah, ORM membantu brand buat melakukan riset tentang influencer yang akan bekerja sama, memastikan mereka punya reputasi yang baik, serta audiens yang sesuai dengan target pasar. Jadi, kerjasama ini bisa memperkuat branding dan membuka banyak peluang untuk membangun trust.
Baca juga: Brand Mode 2025, Fashion yang Menggunakan Teknologi Canggih dan Sustainable Design
3. Memonitor Ulasan dan Konten User-Generated
Gak cuma ulasan dari media besar yang perlu diperhatikan, tapi juga konten yang dibuat pengguna (user-generated content) penting banget dalam membangun reputasi. Banyak pelanggan yang lebih percaya pada pengalaman orang lain daripada iklan yang dibuat brand itu sendiri. Itulah kenapa, ORM perlu memantau tiap konten terkait brand, baik itu review positif atau kritik negatif.
Pemanfaatan ORM bisa bikin brand merespons dan berinteraksi langsung dengan penggemar atau pelanggan yang membuat konten tentang produk, baik itu dalam bentuk foto, video, atau ulasan tertulis. Hal ini akan memperkuat hubungan dengan audiens dan menciptakan persepsi positif yang lebih kuat terhadap brand.
Baca juga: Cara Manfaatin Data untuk Menyusun Strategi Konten yang Efektif di 2025
4. Mengelola Krisis dengan Cepat dan Efektif
ORM bukan cuma soal menjaga citra positif, tapi juga gimana brand menangani situasi krisis. Mungkin ada saatnya dimana brand mengalami masalah yang bisa merusak reputasi, misalnya produk cacat, pelayanan buruk, atau kesalahan dalam campaign iklan. Nah dalam situasi seperti ini, ORM penting banget untuk mengelola krisis dan merespons dengan cepat.
Proses ORM yang efektif membantu brand untuk tetap tenang, memberikan klarifikasi yang tepat, dan mengambil langkah- langkah yang diperlukan untuk memperbaiki situasi. Respon yang cepat dan profesional dapat membuat perbedaan besar dalam membalikkan opini negatif menjadi peluang untuk menunjukkan gimana brand bisa menangani masalah dengan profesional.
Baca juga: Persiapkan Kalender Konten 2025 Yuk untuk Campaign Tahun Depan
5. Memperkuat Konten dan Branding yang Autentik
Selain mengelola ulasan, ORM juga membantu kamu menjaga konsistensi konten yang kamu buat di dunia digital. Konten yang autentik dan sesuai dengan citra brand akan sangat membantu dalam membangun kredibilitas. Audiens saat ini sangat pintar, mereka bisa dengan mudah membedakan mana konten yang autentik dan mana yang terlihat dipaksakan atau palsu.
Dengan menggunakan ORM untuk memastikan konsistensi pesan yang kamu sampaikan di seluruh platform, kamu bisa menjaga kualitas branding yang lebih kuat dan terpercaya. Misalnya, konten yang kamu buat bersama influencer atau di postingan media sosial harus mencerminkan nilai-nilai yang ingin kamu sampaikan, baik itu kualitas, kehandalan, atau kepedulian terhadap pelanggan.
Baca juga: Inovasi Digital Marketing yang Wajib Diketahui Brand di Tahun 2025
6. Meningkatkan Customer Loyalty
Salah satu keuntungan terbesar dari ORM adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Kalo brand sering berinteraksi dengan audiens di media sosial, menjawab pertanyaan, dan mengatasi keluhan, audiens akan merasa dihargai dan lebih loyal. Hubungan yang baik antara brand dan pelanggan ini yang bisa membangun citra brand yang lebih terpercaya.
Baca juga: Yang Perlu Diketahui Brand Buat Narik Perhatian Audiens Gen Z dan Alpha di 2025
Online Reputation Management (ORM) di dunia digital merupakan kunci untuk membangun brand yang terpercaya. Melalui pengelolaan reputasi secara aktif, brand bisa memastikan citranya positif, kredibel, dan punya hubungan baik dengan audiens. Ditambah lagi, influencer marketing yang didukung dengan ORM yang solid akan memperkuat branding dan menciptakan kepercayaan yang lebih besar di kalangan pelanggan.
Jadi mulai sekarang, jangan anggap remeh peran ORM di bisnis online Sobat ya! Kalo dikelola dengan baik, ORM bisa menjadi senjata ampuh untuk membangun brand yang kuat, terpercaya, dan dicintai pelanggan! Makanya, yuk join IAM.id buat dapetin layanan ORM terbaik!