Panduan untuk Brand dalam Membuat Campaign melalui Dashboard IAM.id
(Freepik/tirachardz)
Bagi pelaku usaha, melibatkan influencer dalam promosi bukan suatu hal yang asing dilakukan. Hal tersebut karena influencer memiliki pengaruh dalam mengajak audiens untuk melakukan tindakan, seperti membeli atau menyewa jasa yang ditawarkan sebuah brand.
Untungnya, IAM Influencer bisa membantu para brand dalam menjangkau target audiens dengan tepat dan mudah, melalui dashboard.
Berikut beberapa panduan bagi brand dalam membuat sebuah campaign dengan mudah melalui dashboard IAM Influencer. Lets check this out!
1. Mulai dengan Klik Panel “Campaign”
Jika rekan brand belum memulai sebuah campaign, maka tampilan saat klik menu “Dashboard” bertuliskan “Anda belum membuat campaign apapun”
Di menu “Dashboard” memuat menu berupa campaign apa yang sedang berjalan, campaign yang masih dibuka pendaftarannya, campaign yang sudah tutup, campaign yang sudah selesai, total semua campaign yang pernah dibuat hingga statistik influencer siapa saja yang sudah mengikuti campaign. Nah, untuk memulai membuat campaign, ikuti
langkah berikut ini:
- Klik panel “Campaign”
- Lalu klik tulisan “Buat Campaign Baru”di pojok kanan atas
- Masukkan data campaign yang terdiri dari Campaign Channel, Influencer Criteria, Product Details, target Audience dan Campaign Brief
- Klik tombol “Next”” untuk melanjutkan. Klik tombol Previous”untuk Kembali.
- Jika sudah klik tombol “Simpan”
Oiya, jika ada kolom yang diberi tanda (*) maka wajib diisi dan tidak boleh dikosongkan ya!
2. Invite Influencer Jika Sudah Mengisi Detail
Setelah data yang diperlukan selesai diisi, maka akan muncul campaign yang sudah diisi tadi, setelah itu diharuskan invite influencer dengan cara berikut:
- Masuk ke menu campaign lalu pada kolom aksi klik icon mata
- Klik tombol “Invite Influencer” di pojok kanan
- Lalu pulih influencer yang akan disinvite pada campaign tersebut, lalu klik tombol simpan
Setelah rekan brand klik tombol simpan, influencer otomatis akan menerima notifikasi undangan campaign yang sudah dibuat.
3. Melihat Influencer Mana yang Tertarik dengan Campaign
Setelah para influencer melihat campaign mana saja yang aktif dan berjalan melalui Aplikasi IAM Influencer, maka nantinya akan muncul siapa saja influencer yang tertarik menjalankan campaign yang sudah dibuat. Berikut cara pengecekannya:
- Masuk ke menu campaign, klik detail campaign yang ingin dilihat (icon mata)
- Kemudian scroll down sampai ke menu Enroll Influencer
- Untuk melihat detail influencer klik foto influencer
- Button wishlist digunakan untuk memindahkan influencer yang kita inginkan ditampung sementara ke menu wishlist
Ketika sudah melihat mana kira-kira influencer yang tepat, setelah itu rekan brand memilih mana yang cocok menjalankan campaign yang dibuat.
4. Cara Approve Influencer di Suatu Campaign
Setelah dirasa cocok dengan influencer yang ada, maka rekan brand diharuskan approve influencer yang sesuai melalui cara berikut ini:
- Masuk ke menu campaign, klik detail campaign yang ingin dilihat (icon mata)
- Pilih menu wishlist untuk melihat influencer yang sudah di wishlist
- Klik approve untuk menyetujui influencer tersebut menjalankan campaign
- Klik remove jika ingin membatalkan
- Klik close Registration, maka campaign akan ditutup dan influencer yang diterima maupun ditolak akan
- Mendapatkan notifikasi melalui email
Nah, mudah bukan? Jika rekan brand ingin memantau dan melihat laporan campaign yang sedang berjalan simak langkah di bawah ini.
5. Melihat Laporan Campaign
Ketika campaign yang sudah dibuat sedang berjalan, rekan brand melalui dashboard bisa memantau performa campaign melalui cara:
- Buka menu Laporan
- Menampilkan menu list laporan campaign, list laporan berdasarkan feed dan story yang dapat di filter sesuai nama campaign atau nama influencer, dan chart summary semua campaign
- Klik tombol “Detail Kemajuan” untuk melihat detail laporan
Wah, cukup mudah bukan untuk membuat sebuah campaign dan mengundang influencer untuk ikut dalam campaign yang dibuat? Semoga informasi di atas membantu ya. Cek secara berkala performa campaign yang sedang berjalan agar
sesuai target. Good luck!
Comments
No Comment yet