Mengenal KOL Specialist Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya
(Unsplash/Mimi Thian)
Jika SobatIAM ingin terus bekerja yang berhubungan dengan influencer dan media sosial, tentu ada banyak pilihan yang bisa dipilih nih.
Apalagi, di era yang serba maju kaya sekarang, profesi influencer ini menjadi profesi favorit yang sangat berpengaruh di dunia maya lho. Bahkan ada profesi yang handle atau mengelola kinerja seorang influencer atau KOL.
Nah, tanpa berlama-lama, mari kita kenalan dengan profesi KOL specialist nih. IAM.ID sudah merangkumnya di bawah ini!
Apa itu KOL Specialist?
Seperti namanya, seperti dilansir dari Talentlyft, KOL specialist adalah orang yang bertugas untuk mengelola kinerja dari para Key Opinion Leader (KOL), serta fokusnya di bidang influencer marketing.
Mereka biasanya dilibatkan dalam proses pencarian dan manajemen influencer yang dapat memengaruhi orang lain, entah itu untuk tujuan pembelian, subscribe, ikut campaign dan lain-lain.
Baca juga: Angle Pengambilan Gambar untuk Konten Medsos Influencer Makin Ciamik!
Seorang KOL specialist ini nantinya akan terus bekerja penuh bersama seorang influencer atau KOL di berbagai platform dan perusahaan-perusahaan.
Jika kita sering dengar KOL specialist ini hanya handle influencer media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube saja, namun mereka pun akan mengelola influencer yang ada di televisi juga nih.
Baca juga: Sebelum Konten Mau FYP, Pertimbangkan Hal Berikut Ini Saat Membuat Konten
Nantinya, seorang KOL specialist ini mengatur hasil marketing campaign yang harus dicapai, proses penawaran gajinya, menjelaskan brief kepada influencer agar kinerja dan campaign yang dijalankan sesuai kesepakatan dengan brand.
Apa saja Tugas dan Tanggung Jawabnya?
Bagi beberapa orang yang awam mungkin akan menganggap profesi ini “Ah, cuman ngontakin KOL doang” eits, ternyata tidak semudah itu ya ferguso. Ada beberapa tanggung jawab yang mesti diemban seorang KOL specialist, di antaranya:
- Membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan influencer, media, agensi pihak ketiga untuk kolaborasi bersama dalam mensukseskan campaign yang ingin dijalankan
- Riset dan mengidentifikasi KOL di berbagai platform digital
- Membangun jejaring dengan para KOL untuk berbagai kategori produk di media sosial
- Menjalankan campaign yang berkoordinasi dengan influencer dan KOL baik terkait persyaratan, timeline dan hasil kerja mereka nantinya
- Berkolaborasi dengan tim untuk memulai dan melaksanakan kampanye sebuah brand
- Melakukan negosiasi biaya untuk jasa KOL secara cermat dengan memastikan kesepakatan yang win-win-solution
- Memberikan arahan serta perkiraan deadline untuk sebuah campaign yang dijalankan oleh influencer dan KOL
- Menjelaskan brief secara lengkap kepada para KOL
- Terlibat aktif dalam pemberian ide untuk kampanye pemasaran sambil mengelola influencer
- Mengatur pertemuan dan mengingatkan para setiap Account Executive untuk menjalankan campaign yang ada
- Riset, menganalisa dan memantau kinerja seorang KOL
Jika SobatIAM ingin menjadi seorang influencer, atau orang yang bisa handle KOL, mungkin profesi ini cocok nih. Selain menjalin hubungan baik, menjadi KOL specialist juga menjadi orang penting dalam setiap campaign yang berjalan.
Baca juga: 4 Tips Biar Konten Influencer Masuk Explore Instagram
Comments
No Comment yet