Mengenal KOL Management, Peran Penting dalam Sebuah Perusahaan
(Unsplash/Jason Goodman)
Kita semua pasti sudah tahu bahwa KOL atau influencer menjadi strategi marketing yang efektif untuk menambah angka penjualan serta meningkatkan brand awareness.
Karena profesi influencer dan KOL bertebaran banyak di media sosial, tentu harus ada orang yang menangani mereka dan memantau seberapa jauh performa dari sebuah campaign.
Maka dari itu, kita perlu sosok KOL management nih. Jika ada yang belum tahu, mari kenalan lebih jauh dengan profesi ini. IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini.
Apa itu KOL Management?
Seperti dilansir dari Active Campaign, manajemen KOL atau KOL management adalah cara sebuah perusahaan untuk mengatur atau menangani para KOL yang bernaung dalam manajemen perusahaan.
Nantinya, manajemen KOL ini akan memetakan, mengidentifikasi, merencanakan, dan melibatkan KOL dalam sebuah strategi pemasaran.
Baca juga: Cara Memilih Influencer atau KOL yang Tepat untuk Endorsement
Seorang KOL management juga akan membantu para KOL dalam mengarahkan mereka sehingga bisa menjadi agen pemasaran yang baik bagi perusahaan.
Diharapkan, pesan promosi yang dilakukan bisa sampai dengan baik kepada target market yang sudah ditentukan, terutama audiens dari KOL itu sendiri.
Perbedaan KOL Management dan KOL Specialist
KOL Specialist dan KOL Management ini memiliki perbedaan yang jelas dalam tanggung jawab dan tugas mereka lho. Berikut adalah perbedaan utama antara kedua profesi tersebut:
1. Tanggung jawab
KOL Specialist bertanggung jawab untuk mencari dan menjalin hubungan dengan influencer, serta membuat strategi pemasaran bersama influencer.
KOL Management bertanggung jawab untuk mengelola dan memastikan kinerja kampanye pemasaran melalui influencer.
2. Fokus
KOL Specialist lebih fokus pada pengembangan strategi pemasaran melalui influencer, serta mencari dan menjalin hubungan dengan influencer yang tepat.
Baca juga: 5 Contoh Konten Negatif yang Tidak Boleh Influencer dan KOL Buat!
KOL Management lebih fokus pada pengelolaan kampanye pemasaran melalui influencer dan memastikan kinerja yang efektif.
3. Tugas
KOL Specialist memiliki tugas seperti mencari influencer yang tepat, membuat strategi pemasaran bersama influencer, dan membuat konten untuk kampanye pemasaran.
KOL Management memiliki tugas seperti memastikan kinerja kampanye pemasaran melalui influencer, memantau hasil kampanye, dan memastikan bahwa influencer bekerja sesuai dengan strategi yang telah ditentukan.
Kedua profesi ini memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda, tetapi saling melengkapi dan memerlukan kerjasama yang baik antara kedua profesi untuk memastikan kampanye pemasaran melalui influencer berjalan efektif.
Jika SobatIAM tertarik dengan profesi influencer, profesi KOL management ini sangat dibutuhkan lho, apalagi dengan munculnya KOL baru pastinya dibutuhkan orang yang banyak terjun di profesi ini. Ikuti magang di posisi tersebut ya agar punya pengalaman yang mumpuni.
Comments
No Comment yet