Mengenal Jenis Jenis Influencer, Ada Apa Aja Sih Emangnya?
(Unsplash/AQVIEWS)
Profesi influencer sudah tidak asing lagi ditelinga kita bukan? Apalagi, profesi ini sangat menjanjikan jika sudah memiliki banyak pengikut dan bepengaruh. Sebut saja Tasya Farasya, Nex Carlos, atau bahkan Jess No Limit, mereka memiliki banyak pengikut yang loyal dan bisa mendatangkan cuan yang cukup besar.
Menjadi seorang influencer pun banyak tantangannya lho, tidak asal membuat konten, konten yang diunggah pun harus unik dan memiliki khas masing-masing. Namun apakah SobatIAM tahu jenis-jenis dari influencer?
Jika belum, simak beberapa penjelasan mengenai jenis influencer di bawah ini yuk!
1. Nano Influencer (1000-10K)
Jenis influencer yang pertama adalah Nano, dan jenis nano adalah influencer yang memiliki followers 1000 sampai 10K pengikut.
Walaupun jumlah pengikutnya yang sedikit tapi jangan salah, influencer nano dan para followers nya bisa saling mengenal dan berinteraksi melalui media sosial, sehingga engagement yang tercipta semakin kuat.
Dengan engagement yang kuat pun akan membuat tingkat kepercayaan followers semakin tinggi. Ditambah lagi, jika SobatIAM ingin bekerja sama dengan Nano Influencer, terbilang sangat terjangkau dan tidak terlalu mahal lho.
2. Micro Influencer (10K-100K)
Selanjutnya ada micro influencer yang memiliki pengikut 10.000 hingga 100.000 ribu orang. Kebanyakan orang-orang pun merasa mempercayai jenis influencer micro, karena memiliki kapabilitas di bidang tertentu, misalnya beauty expert atau sebagainya.
Keunggulan micro influencer juga walaupun jumlah followers tidak terlalu banyak, maka akan membuat engagement antara influencer dan para pengikut terbilang kuat.
Jika brand ingin bekerja sama dengan influencer micro, harganya pun masih terbilang terjangkau lho, SobatIAM.
3. Macro Influencer (100K-1jt)
Berbeda dengan micro, macro influencer walaupun memiliki followers ratusan ribu lebih banyak, kekuatan dari jenis influencer ini akan menjangkau pesan ke khalayak terutama followers jadi makin luas.
Jika brand ingin bekerja sama dengan macro influencer, budget yang akan dikeluarkan tidak akan sama seperti nano dan micro, brand akan merogoh kocek yang cukup besar untuk jenis influencer ini.
4. Mega Influencer (>1jt)
Terakhir ada mega influencer nih, yang memiliki lebih dari 1 juta followers. Biasanya, mega influencer ini dihuni oleh para selebritis atau artis di suatu negara. Bahkan, artis-artis yang nongol di layar kaca pun masuk mega influencer nih kebanyakan.
Dengan jumlah followers yang cukup besar memungkinkan influencer untuk menyebarkan pasar yang luas ke followers nya dalam waktu yang singkat.
Jika SobatIAM ingin bekerja sama dengan jenis influencer mega, maka mesti merogoh kocek yang tidak sedikit.
Nah, dari pemaparan di atas, sudah tahu kan jenis dan perbedaan dari keempatnya? Dari keempat jenis di atas, mana nih yang cocok digaet untuk keperluan promosi bisnis SobatIAM?
Comments
No Comment yet