Mengenal Apa Itu Unique Selling Point (USP), dan Mengapa Penting untuk Bisnis?
(Freepik/jcomp)
Hal yang membedakan satu brand dengan brand lainnya yaitu dilihat dari segi keunikannya. Apalagi, di industri yang serba ada ini, kita perlu menonjolkan keunikan dari kompetitor.
Dengan keunikan ini, sebuah brand bisa terlihat menonjol dan dikenal. Bahkan produk yang diluncurkan pun berani bersaing dengan produk lain.
Maka dari itu Unique Selling Point (USP) ini sangat penting untuk diperhatikan. Mari sama-sama mengenal apa itu USP dan seberapa penting sih untuk brand. Berikut IAM.ID sudah merangkumnya di bawah ini.
Apa itu Unique Selling Point (USP)?
Seperti namanya, USP adalah keunikan yang membedakan sebuah brand dengan kompetitornya. Dengan adanya USP, sebuah brand lebih menonjol dan menjadi faktor penting dalam menjalankan bisnis.
Baca juga: Mengenal Apa Itu Customer Retention, dan Cara Menghitung Rasionya
Nah, ketika pelanggan membeli sebuah produk, mereka biasanya mempunyai pertimbangan sebelum menjatuhkan pilihan. USP adalah salah satu alasan mengapa akhirnya mereka rela mengeluarkan kocek untuk membeli salah satu produk.
Ketika tidak ada USP, maka bisnis akan terlihat menawarkan produk yang sama saja. Calon konsumen akan bingung siapa yang harus dipilih karena tidak menonjolkan keuntungan atau keunikan lebih.
Mengapa USP ini Penting Bagi Sebuah Brand?
Tentunya sebuah brand perlu USP, karena bisa memberitahukan manfaat yang bisa didapatkan audiens dari produk atau layanan yang ditawarkan.
Sehingga produk yang SobatIAM miliki ini menonjol dibandingkan kompetitor nih. Manfaat lainnya, jika USP sudah melekat dan diketahui, orang-orang akan mudah mengingat brand kita lho.
Maka tak heran jika sudah melekat, konsumen akan loyal kepada brand kita. Dan bisa mendapatkan keuntungan, baik dari segi relationship atau selling.
Nah, itu tadi beberapa hal penting yang perlu rekan brand tahu. Biar bisnis kita dilihat berbeda dengan lain, tentu perlu adanya USP. Apa keunikan dari brand kamu nih?
Comments
No Comment yet