Mengenal 5 Bahasa atau Istilah dalam Profesi KOL Specialist, Sudah Tahu?
(Freepik)
Ada banyak profesi yang melibatkan media sosial atau influencer saat ini, dan salah satu yang sangat populer adalah KOL specialist.
Tentunya yang dikerjakan seorang KOL specialist bukan hanya menghubungi influencer saja lho, jika kamu tertarik dengan profesi ini, SobatIAM harus tahu istilah atau bahasa ini nih.
Biar semakin familiar, berikut ini beberapa bahasa seorang KOL specialist yang mesti kamu tahu. Berikut IAM.ID akan merangkum informasinya di bawah ini.
1. Listing
Bagi seorang KOL specialist, listing mungkin tidak asing lagi nih, aktivitas ini secara sederhana adalah melakukan atau mengumpulkan database influencer nih.
Sehingga kamu bisa tahu influencer dari nano, micro, macro maupun mega berapa jumlah followers nya, akun media sosialnya bahkan harga endorse mereka. Sehingga memudahkan kamu untuk memilih mana yang cocok untuk dijadikan partner kerja sama.
2. Approach
Setelah mengumpulkan data yang sudah dibuat, mulai dari jumlah pengikut, akun media sosial hingga harga yang ditawarkan influencer, tahap selanjutnya adalah approach atau penawaran.
Biasanya, jika brand sudah tertarik dengan satu influencer, mereka akan menghubungi dan menawarkan kerja sama sesuai dengan kesepakatan bersama tentunya.
3. Rate Card
Ketika kamu menawarkan kerjasama kepada influencer, biasanya influencer tersebut akan menjawab “berikut rate card aku ya kak” lho, apa lagi tuh rate card?
Baca juga: 3 Tips Supaya Influencer Memiliki Pemahaman Soal Body Positivity
Rate card adalah tarif yang disediakan oleh seorang influencer atau harga ngonten mereka nih, biasanya harga yang ditawarkan tergantung service ada yang hanya placement iklan saja di feed, stories atau pembuatan video original, semuanya berbeda ya harganya.
4. Scope of Work (SOW)
Nah, jika SobatIAM sudah melakukan listing, approach dan influencernya sudah memberikan rate card, istilah lain yang harus dipahami juga adalah SOW, atau scope of work.
SOW ini adalah ruang lingkup pekerjaan yang harus dipenuhi dan dilakukan influencer yang bekerja sama, misalnya ketentuan jumlah sekali unggah konten, post di platform apa saja, dan konten tersebut akan di keep berapa lama.
5. Agreement Letter
Nah, terakhir jika rekan brand atau seorang KOL specialist dan influencer sudah sepakat menjalin kerja sama, ada yang namanya agreement letter, atau surat perjanjian kerjasama.
Surat ini seperti kontrak kerja, di sana tertulis masa berlaku perjanjian berapa lama, ketentuan pembayaran dan perjanjian jika membatalkan kerja sama.
Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja bahasa dan istilah di profesi KOL specialist? Semoga artikel ini membantu kamu yang ingin terjun menjadi seorang KOL specialist!
Comments
No Comment yet