Mengapa Storytelling Penting untuk Dilakukan Pemilik Brand?
(Freepik)
Baik influencer atau pelaku usaha, dengan menggunakan storytelling, tentu konten yang kita buat akan lebih unik dan humanis, karena konten tersebut beda dari yang lainnya.
Belum lagi, konten dengan storytelling yang kuat ini akan mempermudah pesan yang ingin kita sampaikan, tentu saja sesuai dan selaras dengan tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah brand dari konten tersebut.
Nah, pernah gak sih mikir emang apa pentingnya storytelling ini? Dari pada menerka-nerka, berikut beberapa alasan yang sudah IAM.ID rangkum mengenai pentingnya sebuah storytelling.
1. Bisa membangun koneksi dengan audiens
Dilansir dari Forbes, storytelling ini bisa menyatukan dan membangun koneksi yang lebih kuat dengan orang lain, apalagi seni bercerita ini jika ditargetkan kepada orang yang tepat akan membuat mereka merasakan empati terhadap brand yang sedang dibangun.
Ketika merasakan empati, tentunya audiens ini akan mencari tahu lebih lanjut terkait brand SobatIAM nih.
Baca juga: Manfaat Memiliki KOL Management di Suatu Perusahaan atau Bisnis
Kabar baiknya, mereka yang sudah tahu terkait brand akan berpotensi membuat mereka menjadi pelanggan setia. Sangat berguna bukan?
2. Trik untuk menyampaikan pesan
Selain punya koneksi yang dekat dengan audiens, storytelling juga bisa menjadi metode yang kuat untuk menyampaikan pesan ke audiens lho.
Ketika pesan yang kita tuju sudah tepat, mereka akan tertarik untuk melihat brand kita, membeli produknya, bahkan merekomendasikan kepada orang terdekat.
Baca juga: Mengenal KOL Management, Peran Penting dalam Sebuah Perusahaan
Apalagi kalau pesan yang disampaikan konsisten, tentunya akan membangun kepercayaan yang dapat meningkatkan customer loyality.
3. Produk atau layanan kita jadi mudah diingat
Pastinya SobatIAM pernah dong melihat suatu iklan berbentuk video yang masih teringat sampai saat ini? Jika iya, berarti storytelling nya menarik dan berkesan.
Inilah salah satu manfaat dari storytelling, produk yang kita tawarkan atau bahkan brand nya pun akan terus diingat jika suatu cerita yang disampaikan menarik dan menghibur.
Baca juga: 3 Skill Penting yang Harus Dimiliki Seorang KOL Specialist
Maka dari itu, fokuskan storytelling yang SobatIAM buat ke pesan penting yang ingin disampaikan brand. Jangan lupa untuk mengemasnya semenarik mungkin ya.
4. Bisa berpotensi audiens melakukan suatu tindakan
Iklan atau promosi yang melibatkan storytelling yang baik tentu akan mendorong target audiens melakukan suatu tindakan berdasarkan pesan moral yang terkandung di dalamnya.
Jika pesannya sampai ke target audiens, mereka tak segan melakukan tindakan tertentu berdasarkan rasa empati setelah melihat cerita tersebut.
Baca juga: Mengenal KOL Specialist Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya
Cerita yang menarik juga harus didukung dengan memasukkan CTA untuk mendorong audiens melakukan sesuatu berdasarkan keinginan ya.
5. Konten tidak monoton
Manfaat terakhir dari storytelling adalah membuat konten jadi lebih menarik untuk dikonsumsi nih, apalagi konten video akan membuat mereka betah menontonnya.
Jika konten tersebut menarik, tidak menutup kemungkinan konten tersebut berpotensi viral lho, hal ini akan berdampak juga pada engagement dan awareness sebuah brand.
Maka dari itu, jangan ragu eksplorasi dan buat sesuatu hal yang berbeda agar pesan yang ingin disampaikan sesuai dan ditangkap dengan baik oleh audiens. Konten yang menarik pastinya akan terus diingat dan berpotensi viral.
Comments
No Comment yet