Mau Berkarir Jadi Social Media Manager? Kuasai 5 Skill Ini
Semakin ajaib platform media sosial dalam mengembangkan bisnis, maka peluang berkarir di dalamnya juga semakin terbuka lebar. Adakalanya memahami media sosial juga bukan selalu menjadi perkara mudah, dibutuhkan seorang yang ahli yang mampu memahami media sosial lebih dalam lagi. Ya, dia lah seorang Social Media Manager.
Social Media Manager menurut Digital Marketing Institute adalah seseorang yang secara umum dipercaya untuk mengelola suatu akun media sosial dengan membuat dan memantau promosi suatu brand, informasi perusahaan, dan kampanye pemasaran brand di media sosial. Mereka juga mengetahui metrik media sosial terbaik, menghasilkan konten baru setiap hari, berinteraksi dengan customer, dan terus berinovasi untuk mendorong ide baru kemudian mengevaluasinya.
Nah, sobatIAM berminat meniti karir jadi Social Media Manager? Berikut 5 keterampilan yang harus kamu kuasai untuk menjadi Social Media Manager mumpuni yang kami rangkum dari Digital Marketing Institute dan Sproutsocial.
1. Menulis
Seorang Social Media Manajer harus memiliki skill menulis untuk membuat brand jadi booming melalui media sosial, entah dari teks iklan yang cerdas dan menarik perhatian atau dari komentar yang tepat waktu. Selain harus dapat menulis sesuai dengan karakter brand yang diwakilinya, Social Media Manager juga harus memahami perbedaan penggunaan tulisan di setiap media sosial sesuai audiens masing- masing.
2. Riset
Social Media Manager harus selalu mengikuti perkembangan di media sosial, termasuk tools, tren terbaru, hingga membuat konten viral, atau bahkan kompetitor. Skill riset juga membantu Social Media Manager dalam mengembangkan dan membuat ide baru yang bukan hanya mengikuti tren yang sedang terjadi, tapi juga menciptakan tren itu sendiri.
Seorang Social Media Manager yang sukses harus selalu meng-update skill. (sumber: freepik)
3. Keahlian Ber-media Sosial
Namanya aja Social Media Manager, jadi wajib harus punya keahlian media sosial yang lebih daripada orang lain. Skill ini biasanya didapat dari pengalaman, tapi bisa juga dipelajari dengan memahami pola- pola yang terjadi di setiap platform media sosial, karena setiap platform pasti membutuhkan penanganan yang berbeda, contoh konten seperti apa yang cocok di setiap platform, dan lain sebagainya.
4. Pengetahuan SEO
Search Engine Optimization (SEO) sudah merupakan satu kesatuan dengan konten dalam melakukan marketing di media sosial. Social Media Manager yang baik pasti memahami pentingnya SEO dalam meningkatkan visibilitas konten dan mencapai target audiens yang tertarik sehingga menghasilkan pelanggan yang potensial.
5. Kreatifitas
Tidak dipungkiri, skill kreatifitas sangat diperlukan untuk menjadi seorang Social Media Manager, skill inilah yang akan mendukung seorang Social Media Manager dalam membuat konten yang paling menarik, bahkan tidak hanya dalam tulisan tapi juga dapat menuangkan ide visual yang lebih disukai audiens, seperti membuat konten berupa meme yang sedang tren.
Nah, itu dia 5 skill yang dibutuhkan untuk menjadi Social Media Manager yang sukses. Sangat penting untuk terus menerus memperbarui keterampilan dengan memiliki pengetahuan terkini.
Jadi, jangan sampai ketinggalan info dan tips tentang Social Media Management lainnya ya!
Sumber:
Comments
No Comment yet