Lebih Dekat Mengenal Mega Influencer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
(Freepik/rawpixel.com)
Istilah influencer mungkin kita akrab yakni orang yang terkenal lewat platform media sosial. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa influencer itu harus dari kalangan orang yang belum pernah nongol sama sekali di layer kaca atau YouTube.
Eits, ada lho jenis influencer yang rata-rata mereka semua adalah artis terkemuka di suatu negara. Bahkan artis ini sudah sering bolak-balik di stasiun TV tanah air. Yup, orang tersebut masuk ke dalam kategori mega influencer. Lalu apa itu
mega influencer?
Berikut beberapa penjelasan singkatnya mengenai mega influencer. Apakah artis kesayangan SobatIAM masuk kategori influencer mega bukan nih?
Apa itu Mega Influencer?
Sederhananya, mega influencer merupakan influencer yang memiliki lebih dari 1 juta pengikut di media sosialnya. Biasanya mereka adalah selebritas atau orang yang memang dikenal luas di dunia nyata.
Contohnya nih seperti artis, penyanyi top tanah air, atlet dan masih banyak lagi. Mereka menjadikan media sosial sebagai alat untuk terus terhubung dengan para penggemarnya nih. Namun followers banyak ternyata tidak selalu berbanding lurus dengan hasil yang bagus lho untuk campaign promosi. Berikut kelebihan serta kekurangannya.
Kelebihan Mega Influencer
1. Memiliki jangkauan yang luas
Tidak heran, mega influencer memiliki jumlah pengikut yang sangat besar di media sosial. Itu artinya, jangkauan terhadap audiens nya pun sudah pasti luas nih.
Jika satu konten yang mereka unggah mendapatkan jangkauan 300 ribu, maka artinya ada 300 ribu akun yang melihat konten itu setidaknya sekali. Wow, mengagumkan bukan?
Namun semakin banyaknya jumlah pengikut, biasanya engagement rate nya akan mengecil. Meskipun tidak melakukan banyak interaksi, setidaknya mereka tahu atau bahkan mengenal brand yang sedang dipromosikan lho.
2. Sudah terbiasa bekerja sama dengan brand
Berbeda dengan nano yang belum terbiasa bekerja sama dengan brand, para mega influencer ini sudah sangat ahli dan terbiasa, karena mereka adalah profesionalitas.
Jika bekerja sama dengan mega influencer akan sangat diuntungkan. Mereka cenderung besar bukan di media sosial saja, melainkan sudah terkenal di layer kaca. Itu artinya jika berkolaborasi dengan para mega influencer mereka memiliki basis pengikut yang banyak.
Saat bekerja sama pun, mereka biasanya sudah tahu apa yang mestinya dikerjakan dan sudah terbiasa membaca brief dari klien dengan mudah.
3. Konten yang dihasilkan berkualitas
Karena pengalamannya yang sudah segudang nih, banyak dari meha influencer akan membuat konten yang lebih niat atau berkualitas. Baik dari segi pengambilan gambar, angle, penampilan dan lain-lain.
Terkadang, media sosial mereka akan dikelola oleh professional, membuat konten yang berkualitas bukan hal yang sulit karena mereka pun memiliki tim konten sendiri. Dengan tim yang professional ini bisa menjadikan kampanye berhasil dibandingkan konten yang seadanya nih. Maka dari itu, tidak perlu khawatir jika ingin bekerja sama dengan mega influencer ya SobatIAM.
Kekurangan Mega Influencer
Dari segudang keunggulan seorang mega influencer, ternyata ada juga kekurangan yang akan dihadapi jika pelaku bisnis bekerja sama dengan mereka, apa sajakah itu?
- Biaya relative mahal. Dengan pengikut yang besar, jangkauan luas, nama yang mentereng membuat tarif mereka jadi lebih tinggi jika ingin berkolaborasi.
- Jangkauan yang kurang tertarget. Profil pengikut seorang mega influencer pastinya akan beragam nih dan kurang tertarget kecenderungannya menyukai apa. Namun jika ada campaign, mayoritas pengikut yang terjangkau pasti akan tertarik dan membeli produk yang sudah digunakan influencer tersebut.
Itu tadi beberapa pengertian serta manfaat dan kekurangan mega influencer. Bekerja sama dengan mega influencer cocok lho untuk kolaborasi dengan tujuan brand awareness, namun harus siap dengan budget yang tidak sedikit tentunya!
Comments
No Comment yet