Influencer Juga Bisa! Mari Mengenal Apa Itu Sociopreneur dan Karakteristiknya
(Freepik/jcomp)
Tak jarang influencer atau artis yang terjun menjadi seorang pebisnis, dan tak sedikit juga bagi mereka yang ingin membantu lingkungan sekitar.
Nah, jika SobatIAM sebagai influencer, tentu bisa lho terjun menjadi sociopreneur, mari sama-sama mengenal apa itu sociopreneur beserta karakteristik yang sudah IAM.ID rangkum di bawah.
Apa Itu Sociopreneur?
Secara singkat, sociopreneur adalah orang yang membangun bisnis dengan tujuan menyelesaikan isu sosial dan lingkungan yang ada.
Tentu, seorang sociopreneur harus berani mengambil risiko dan berusaha keras untuk memberikan dampak positif melalui berbagai inisiatif yang dilakukan.
Baca juga: Mengenal 3 Kelebihan Viral Marketing, Bisa Jadi Strategi Ampuh!
Ukuran kesuksesan sociopreneurship adalah ketika bisnis tersebut mampu memberikan dampak positif yang berarti bagi dunia dan lingkungan sekitar nih.
Ada beberapa isu atau bidang yang dipilih, seperti pendidikan, industri kreatif, ekonomi, kesehatan, kemanusiaan hingga penyedia akses di daerah terpencil.
Karakteristik Sociopreneur Apa Saja?
Karakteristik yang pertama adalah fokus pada misi sosial, karena sejak awal memang ingin memberikan dampak bagi lingkungan.
Selanjutnya, seorang sociopreneur juga memiliki target dan dampak yang besar, misalnya bisnis sosial yang dijalankan bisa memberi dampak pendidikan bagi desa-desa terpencil di Indonesia.
Tak lupa juga untuk inovatif, karena dalam membangun bisnis sosial harus menciptakan cara terbaik mencapai tujuan tersebut.
Terakhir, karakteristik yang perlu dipenuhi adalah terbuka pada masukan orang lain, karena perlu beradaptasi dan mengembangkan usahanya lebih besar, sehingga memberikan dampak besar pula.
Itu tadi beberapa pengertian dan karakteristik menjadi seorang sociopreneur, apakah rekan influencer tertarik terjun ke bidang tersebut?
Comments
No Comment yet