Gimana Cara Buat Konten Endorsement Lebih Menarik? Berikut 4 Tips Nya!
(Freepik)
Sebagai seorang influencer yang punya pengaruh di masyarakat, tentu setiap apapun yang kalian bicarakan, gunakan akan diikuti oleh audiens atau pengikut setia.
Hal ini tentu menguntungkan pihak brand yang sedang berkolaborasi dengan influencer, sehingga produk mereka dikenal banyak orang bahkan tertarik untuk membelinya lewat konten endorse yang influencer ini buat.
Nah, gimana sih caranya bikin konten endorsement lebih eye catching dan menarik? Simak informasi yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ya!
1. Sesuaikan konten dengan persona kita
Orang-orang jika melihat konten iklan atau endorse pasti akan bosan bahkan skip melihatnya. Namun, gimana jika konten iklan ini kita create sesuai persona kita?
Sebagai contoh SobatIAM seorang influencer yang sering membuat cerita pendek atau sketsa, biar orang lain menyangka ini bukan iklan, buatlah sketsa yang menarik hingga di akhir ada bridging produk endorse sebagai solusi permasalahan.
Baca juga: Bikin Konten Jadi Menarik, Mari Mengenal Apa itu Content Strategist Beserta Tugasnya
Soft-selling jenis tadi sangat efektif untuk menarik penonton supaya melihat iklan brand. Kreativitas seperti tadi mungkin akan sangat dihargai oleh pihak brand, dan mereka tidak akan ragu jika berkolaborasi dengan kamu lagi nih jika hasilnya memuaskan.
2. Detail dan review menyeluruh
Demi menciptakan kualitas konten untuk brand yang jempolan, SobatIAM harus review atau ulas dengan detail dan menyeluruh ya.
Fungsi dari penyampaian yang jelas ini biar para pengikut bisa mengetahui setiap hal penting dari produk. Misalnya fungsi, bahan dan kualitasnya.
Baca juga: 5 Cara Agar Konten Instagram Influencer dan Brand Lebih Optimal
Dengan demikian, jika kamu sudah ulas dengan menyeluruh, mungkin para followers berencana untuk membelinya kalau sudah tahu apa yang mereka butuhkan nih.
3. Tulis caption disertai CTA
Hal yang harus dipikirkan seorang influencer ketika ada barang endorse ini bukan cuman konten saja ya, caption pun harus dipikirkan dengan baik.
Biasanya, caption ini berisi informasi tambahan dari sebuah produk yang sedang diulas, misalnya alamat toko mereka, akun media sosial atau cara pemesanan nya.
Baca juga: Angle Pengambilan Gambar untuk Konten Medsos Influencer Makin Ciamik!
Setelah informasi lengkapnya ditulis, jangan lupa juga untuk ajak orang lain mencoba bahkan membeli produk dengan kalimat yang mengandung Call to Action (CTA), misalnya ajakan “Yuk, samaan kaya aku!” “Checkout sekarang sebelum keabisan” “Rasain sendiri manfaatnya” dan lain-lain.
4. Amati, tiru dan modifikasi
SobatIAM pernah melihat konten endorse menarik dari sesama influencer? jika pernah, ide tadi jangan disimpan sendiri saja, cobalah catat sehingga bisa jadi ide untuk membuat konten.
Dengan rumus ATM ini, kita bisa memodifikasi konten kita nanti seperti apa, dan disesuaikan dengan target audiens kita.
Baca juga: 5 Contoh Konten Negatif yang Tidak Boleh Influencer dan KOL Buat!
Jika pengamatan SobatIAM jeli, kita akan menghasilkan konten yang berbeda dan lebih menarik sesuai dengan persona yang kita miliki.
Nah, itu tadi beberapa tips dalam membuat konten endorsement jadi lebih menarik. Semoga membantu para influencer baru yang ingin terus dilirik oleh brand dengan performa konten yang menarik!
Comments
No Comment yet