Cara Mudah Influencer Menjalankan Campaign di IAM.id
(Freepik/DCStudio)
Jika sebelumnya SobatIAM yang sudah terdaftar menjadi influencer di IAM Influencer, ini saatnya bagi rekan influencer semua untuk menjalankan campaign yang sudah ada.
Tentu, sebagai influencer menjalankan campaign atau kerja sama dengan brand bukan suatu hal yang baru bukan?
Tanpa berlama-lama lagi, berikut beberapa cara influencer IAM menjalankan campaign di aplikasi. Simak sampai selesai ya!
Penjelasan menu Home
Setelah mengisi data dengan penuh, rekan influencer akan melihat tampilan awal aplikasi berupa campaign apa saja yang tersedia. Ada tiga pilihan, yakni “All Campaign”, “Upcoming” dan “Invitation” berikut penjelasannya:
All Campaign: Menu campaign utama, semua list campaign baik open register, close register, maupun campaign selesai ada di menu ini dan di urutkan dari campaign terbaru. Dari menu ini juga influencer dapat apply ke campaign yang sedang open regist.
Upcoming: Menu campaign yang akan datang, pada menu ini hanya informasi campaign terbaru yang akan segera rilis, namun tidak dapat apply campaign dari menu ini.
Invitation: List campaign yang di invite langsung oleh Brand ke Influencer.
1. Cari Campaign di Menu “Search”, “Home” atau “My Campaign”
Di menu utama, banyak campaign yang sedang dibuka. Selain itu, SobatIAM pun bisa mencari campaign secara spesifik di menu “Search” berikut caranya:
- Klik menu “Search”
- Masukkan nama campaign yang ingin dicari
- Tekan enter atau selesai di keyboard handphone
Setelah itu, maka akan muncul halaman “Detail Campaign” yang bisa di baca. Menu tadi memuat informasi lengkap tentang campaign, seperti Nama Campaign, Lokasi Influencer yang dapat mengikuti campaign, kategori campaign, link campaign, status campaign, status apply, kriteria influencer dan tentu nya campaign brief.
Penjelasan di Menu “Report Submission”
Sebelum diunggah ke media sosial masing-masing, para influencer harus tahu alur yang ada di dalam menu “Report Submission” berikut penjelasannya:
Jika Step 1 (Submit Content) berisi konten yang diunggah dan meminta persetujuan oleh brand. Jika sudah diberikan approve oleh brand, maka kolom
Step 2 (Link Post) akan terbuka dan perlu mengisi bukti bahwa konten sudah diunggah. Begitupun dengan
Step 3 (Insight Post) berisikan informasi mengenai insight dari konten yang sudah diunggah dan akan terbuka ketika link post pada Step 2 tadi sudah disubmit. Step 3 ini nantinya dapat disubmit setelah H+3 hari posting konten di media sosial.
Setelah itu, terakhir Step 4 (Your Result) tidak wajib disubmit oleh influencer, karena Step 4 ini hasil campaign dan otomatis akan terbuka setelah campaign selesai.
2. Masukkan Konten di Step 1 “Submit Content”
Nah, untuk memulai campaign yang akan dijalankan, rekan influencer terlebih dahulu mengunggah draft content untuk mendapat persetujuan dari brand. Begini caranya:
- Klik “Open” pada Step 1
- Klik “Upload” file here
- Pilih jenis gambar atau video, lalu klik “OK” dan akan diarahkan ke galeri untuk memilih file
- Tambahkan caption
- Klik save
- Tunggu sampai proses berhasil. Proses berhasil akan menampilkan icon senyum dan bertuliskan “SUCCESSS Anda Berhasil Submit Content”
Catatan bagi para influencer sata mengunggah gambar, pastikan gambar berukuran di bawah 5 MB dan ukuran video di bawah 50 MB dengan resolusi maksimal 720 ya.
3. Lakukan Step 2 “Submit Link”
Jika Step 2 terbuka, maka rekan influencer harus mengisi kolom yang ada di Step 2. Berikut langkah mudahnya:
Klik tombol “Open”pada Step 2
- Masukkan link postingan feed atau reels di kolom yang tertera
- Masukkan link Instagram Story yang sudah diunggah
- Klik save
- Tunggu sampai proses berhasil seperti contoh Step 1
Setelah mengunggah bukti konten sudah diunggah, rekan influencer harus melampirkan bukti insight postingan dari campaign yang sudah diikuti ya.
4. Lakukan Step 3 “Submit Insight”
Setelah konten diunggah, influencer harus melampirkan insight postingan dibuktikan dengan screenshot lalu mengisi melalui langkah berikut ini:
- Klik “Open”pada Step 3
- Masukkan screenshot insight postingan feed atau reels, Instagram Story, insight demografi mulai dari usia, lokasi dan gender
- Klik save
- Tunggu sampai proses berhasil
Cukup mudah mudah bukan melakukan campaign melalui Aplikasi IAM Influencer? Semoga informasi di atas membantu dalam pembuatan dan pelaporan pembuatan konten bagi semuarekan influencer yang tergabung di platform IAM Influencer.
Comments
No Comment yet