Cara Memilih Influencer atau KOL yang Tepat untuk Endorsement
(Pexels/Liza Summer)
Melakukan serangkaian aktivitas marketing memang diperlukan demi memperkenalkan sebuah brand kepada khalayak ramai.
Tak jarang dari mereka yang ingin menarik target audiens yang sesuai akan berkolaborasi dengan influencer atau KOL untuk endorsement sebuah produk, namun pemilihan ini tidak asal-asalan lho, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan endorsement.
Nah, berikut ini ada cara yang bisa dilakukan dalam memilih influencer atau KOL untuk keperluan endorsement. Simak informasi yang IAM.ID rangkum di bawah yuk.
1. Riset terlebih dahulu soal influencer yang dipilih
Sebelum pelaku bisnis memutuskan memilih influencer atau Key Opinion Leader (KOL) yang akan diajak kerja sama, ada baiknya untuk riset terlebih dahulu influencer pilihan.
SobatIAM bisa melakukan riset seperti unggahan apa saja yang ada di media sosialnya, apakah mereka lebih banyak menerima endorsement ketimbang konten original yang mereka buat atau tidak.
Baca juga: 4 Ide Bisnis Sampingan yang Bisa Dilakukan Para Influencer
Karena ini penting, jika terlalu sering mengambil endorse, maka kemungkinan produk yang kita promosikan kecil kemungkinan dilihat orang.
Selain itu, analisa aktivitas influencer tersebut di media sosial, seperti melihat data berisikan engagement dan impression dari si influencer atau KOL tersebut.
2. Sesuaikan dengan channel media sosial yang kita inginkan
Sebelum melakukan endorse kepada influencer atau KOL, ada baiknya SobatIAM untuk melihat tujuan campaign yang dijalankan ingin menggunakan platform yang mana.
Jika memang targetnya di Instagram, maka carilah influencer atau KOL yang memiliki pengaruh besar di Instagram. Ketika endorse sebuah produk agar menambah jumlah pengikut dan brand awareness di Instagram, jangan menargetkan influencer di TikTok atau platform lain, karena kurang efektif jika dialihkan dari satu platform ke platform lainnya.
Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Berkolaborasi dengan Influencer
Maka dari itu, tergantung tujuan dari setiap campaign yang akan dijalankan, maka sesuaikan dengan kebutuhan kita dengan influencer tersebut.
3. Menggunakan platform influencer terpercaya
Saat ini untuk menjalankan campaign tentunya tidak sulit, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan, salah satunya dengan platform influencer atau analytics tool khusus influencer dan KOL.
Baca juga: Kenali 4 Cara Mudah Influencer dapat Uang Tambahan Lewat TikTok
IAM.ID salah satu platform influencer di Indonesia memberikan layanan dan kemudahan bagi pelaku usaha untuk menjalankan campaign yang ada. Di platform kami, rekan brand semua bisa membuat, memonitor campaign bahkan memilih influencer yang tepat dengan target audiens yang jelas.
Baca juga: Apa itu Endorse dan Manfaatnya untuk Sebuah Brand
Selain efektif, menggunakan platform influencer atau KOL ini juga mudah dan cepat. Rekan brand tinggal menyiapkan brief nya untuk sebuah campaign dan biarkan influencer yang tergabung di IAM.ID yang menjalankannya. Mudah bukan?
Comments
No Comment yet