Cara Membuat Campaign Marketing yang Menarik dan Efektif untuk Brand
(Freepik/rawpixel-com)
Jika SobatIAM menjalankan marketing, tentu bukan soal memproduksi iklan yang lucu dan menarik saja nih, tetapi ada hasil yang ingin dicapai.
Salah satu cara untuk mencapai itu dengan membuat strategi kontennya dan mengetahui segmentasi pasar agar bisa terarah ke customer.
Oleh sebab itu, penting bagi pelaku bisnis untuk membuat campaign yang menarik. Berikut IAM.ID rangkum cara membuatnya di bawah ini!
1. Tentukan tujuan dan siapa yang ingin disasar
Tahapan awal dalam membuat campaign adalah tentukan tujuan, berapa budget yang ada dan siapa saja yang ingin kita sasar dari produk kita nih.
Kenali terlebih dahulu tujuannya apakah ingin memperluas brand awareness kah, memaksimalkan penjualan kah atau apa nih?
Baca juga: Panduan untuk Brand dalam Membuat Campaign melalui Dashboard IAM.id
Jika sudah, sesuaikan dengan budget yang ada, misalnya budget minim, maka sasar lah kalangan yang sesuai dengan segmentasi pasar yang ada.
2. Pilih channel yang sesuai
Setelah menentukan tujuan, alangkah baiknya untuk memilih channel mana yang sesuai dengan target audiens yang ingin kita sasar.
Tujuannya agar promosi yang kita lakukan selaras dengan media mana yang mereka gunakan. Sebagai contoh target audiens perempuan usia 20-25 tahun.
Baca juga: Cara Memonitor Campaign yang Sudah Dilakukan Influencer di IAM.id
Maka, channel atau platform yang kita gunakan bisa Instagram atau TikTok untuk promosi sebuah produk. Mudah bukan?
3. Buat pesan yang menarik
Setelah memilih apa channel nya, hal yang harus diperhatikan juga adalah pesan yang ingin disampaikan. Buatlah pesan yang sesuai dengan target pasar kita ya.
Jika target audiens kita perempuan usia 20-25 tahun, buatlah penyampaian yang mudah dibaca, humor dan mengandung bahasa sehari-hari nih.
Baca juga: Jenis TikTok Ads yang Bisa Mendukung Campaign Rekan Brand
Jangan lupa juga sematkan Call to Action (CTA) di promosi kita, agar mereka mau melakukan tindakan berupa pembelian produk.
4. Bisa juga manfaafkan ads
Terakhir jika ingin menyasar dengan mudah dan terarah, gunakan ads saja, dan sesuaikan dengan platform yang ingin kita sasar.
Apalagi penggunaan ads ini akan membantu untuk mengoptimalkan pencapaian target, dan mengukur performa sebuah campaign yang ada.
Budget yang mesti dikeluarkan SobatIAM tentu bervariatif tergantung siapa target audiens yang ingin disasar dan berapa banyak orang yang harus melihat iklan kita nih.
Nah, itu tadi beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam membuat sebuah campaign marketing, jangan lupa untuk tentukan tujuan ya, agar campaign bisa lebih terarah. Selamat mencoba!
Comments
No Comment yet