Budget Friendly Marketing Melalui Kerjasama dengan Nano Influencer untuk Brand Baru
Marketing sering jadi tantangan tersendiri buat brand yang baru terutama buat yang budget marketingnya terbatas. Belum lagi persaingan yang ketat seolah mengharuskan brand buat lebih menonjol. Tapi tau gak? Ada satu solusi marketing yang kini makin digemari karena gak cuma efektif tapi juga ramah di kantong. Apa lagi kalau bukan melakukan kerjasama dengan nano influencer! Ya, mereka mungkin tidak punya jutaan pengikut tapi justru di situlah letak kekuatannya!
Baca juga: Optimalkan Budget Marketing Hemat dan Efektif dengan IAM.id!
Kerjasama dengan nano influencer bisa jadi strategi marketing yang budget-friendly sekaligus membuka peluang besar untuk brand biar bisa dikenal lebih dekat. Penasaran kenapa strategi ini cocok buat kamu yang baru memulai bisnis? Simak bahasannya lebih lanjut!
1. Engagement Lebih Tinggi dengan Audiens yang Lebih Personal
Nano influencer biasanya punya followers antara 1.000 hingga 10.000 orang yang meskipun jumlah ini relatif kecil tapi justru mereka punya hubungan lebih dekat dengan audiensnya. Kedekatan ini yang bikin konten mereka jadi terasa lebih otentik, alhasil followers lebih percaya pada rekomendasi mereka. Jadi, kolaborasi dengan nano influencer bisa membantu brand baru menjangkau audiens dengan cara yang lebih personal.
Budget Friendly Marketing Melalui Kerjasama dengan Nano Influencer untuk Brand Baru. (Sumber: Freepik)
Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Peran Engagement dalam Branding di Media Sosial
2. Biaya yang Lebih Terjangkau
Keuntungan paling besar dari bekerja sama dengan nano influencer adalah biayanya yang lebih terjangkau. Daripada influencer besar yang bisa mematok harga selangit, nano influencer punya tarif yang lebih ramah di kantong. Bahkan ada juga lho beberapa nano influencer yang bersedia melakukan kerjasama dengan kompensasi berupa produk atau diskon. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk brand yang masih mencari cara efektif berpromosi tanpa menguras budget.
Baca juga: Tingkatkan Engagement- mu Menggunakan 10 Ide Story Instagram Ini
3. Membangun Brand Awareness
Nano influencer seringnya dianggap sebagai orang biasa yang kebetulan punya pengaruh di lingkaran sosial mereka aja. Karena followers mereka mengenal mereka secara pribadi, rekomendasi dari nano influencer lebih dipercaya dan dianggap jujur. Hal ini bisa membantu brand baru membangun brand awareness dengan lebih cepat karena pengaruhnya terasa organik.
Baca juga: Keutamaan Kerjasama dengan Influencer dalam Meningkatkan Brand Awareness
4. Fleksibilitas dalam Kolaborasi
Saat kerjasama dengan nano influencer, brand punya peluang buat lebih kreatif dan fleksibel dalam menentukan konsep kolaborasi. Beda halnya dengan influencer besar yang biasanya udah punya gaya konten tertentu, nano influencer bakal lebih terbuka untuk bereksperimen dengan ide- ide baru. Brand bisa meminta mereka membuat konten yang unik dan sesuai dengan kepribadian tanpa terlalu banyak batasan.
Baca juga: IAM.id Bangga Menjadi Mitra Kolaborasi dengan Banyak Brand!
5. Target Audiens Lebih Spesifik
Kelebihan lain nano influencer adalah kekuatan mereka dalam menjangkau niche market yang lebih spesifik. Nah, kalau sebuah brand bergerak di bidang fashion eco-friendly, brand tersebut bisa banget kerjasama dengan nano influencer yang fokus pada gaya hidup ramah lingkungan. Hal ini memungkinkan brand menjangkau audiens yang lebih tertarget, dan potensi konversi juga jadi bisa lebih tinggi.
Baca juga: Strategi Integrasi Media Sosial TikTok dengan Platform Lainnya untuk Menjangkau Banyak Audiens
6. Tingkatkan Ulasan Positif
Brand baru pasti membutuhkan review positif dan jujur buat mendapatkan social proof dari konsumen dan calon konsumen. Nah, nano influencer bisa jadi jawaban yang mampu membantu brand mendapatkan social proof melalui konten rekomendasi produk atau layanan secara jujur. Ulasan dari influencer dengan audiens kecil tapi solid ini bisa memperkuat reputasi brand di mata calon pelanggan.
Baca juga: 4 Pengaruh Influencer Terhadap ORM dalam Menjaga Citra Positif di Era Digital
7. Memaksimalkan Jangkauan dengan Banyak Influencer Sekaligus
Karena biayanya yang lebih hemat, brand juga bisa kerjasama dengan beberapa nano influencer untuk memperluas jangkauan tanpa harus mengeluarkan anggaran besar. Apalagi campaign yang melibatkan beberapa nano influencer bisa memberikan efek snowball. Jadi, bakalan makin banyak juga orang yang mendengar tentang brand dari berbagai sumber yang bisa dipercaya.
Baca juga: Kulik Peran Influencer di Berbagai Industri yang Makin Kuat dan Beragam!
Kerjasama dengan nano influencer adalah solusi budget-friendly yang punya banyak manfaat khususnya buat brand baru yang cuma punya budget pas- pasan. Karena harga yang lebih hemat, engagement lebih tinggi, dan audiens yang lebih spesifik, brand bisa meningkatkan brand awareness dan membangun kepercayaan tanpa harus merogoh kocek perusahaan dalam dalam.
Yuk mulai rencanakan campaign influencer marketing brand bareng nano influencer yang sesuai dengan target audiens. Dengan strategi yang tepat, kolaborasi ini bisa bikin brandmu makin sukses!