Brand Wajib Tau! Ini Trik Bikin Campaign yang Menonjol di 2025
Udah 2025 pastinya udah siap dong dengan campaign digital yang bikin brand jadi obrolan dimana- mana? Apalagi sekarang udah digital banget apa apa serba cepat dan penuh dengan noise informasi, menonjol itu gak gampang! Tapi dengan strategi yang tepat, brand bisa kok bikin campaign yang gak sekedar menarik perhatian tapi sampai membekas di hati audiens. Yuk ah, simak trik- trik jitu bikin campaign branding yang bakal sukses besar di tahun 2025!
Baca juga: Persiapkan Kalender Konten 2025 Yuk untuk Campaign Tahun Depan
1. Influencer Marketing yang Lebih Cerdas dan Terukur
Hampir semua industri udah paham banget kalo influencer marketing tuh udah jadi strategi penting buat brand. Tapi di 2025, brand perlu lebih cermat lagi milih influencer yang benar- benar bisa mewakili dan terhubung dengan audiens yang tepat. Jadi jangan cuma diliat dari followernya yang banyak ya, tapi gimana influencer itu berpengaruh dalam keputusan beli audiens.
Trik: Gunakan tools analitik buat milih influencer berdasarkan data nyata, seperti engagement rate, fitur audiens, dan autentisitas mereka. Kolaborasi dengan micro-influencers juga bisa jadi pilihan jitu karena mereka punya audiens yang lebih loyal dan terlibat. Selain itu, influencer AI juga makin populer karena bikin brand mudah buat mengontrol pembuatan konten dan interaksi dengan audiens.
Baca juga: AI Influencer Menjadi Game- Changer di 2025 di Dunia Influencer Marketing
2. Konten yang Interaktif dan Mengundang Partisipasi
Konten yang cuma bisa diliat tanpa ada interaksi belum cukup buat menarik perhatian audiens di 2025. Mereka berharap pengalaman yang lebih interaktif dan personal, seperti video interaktif, polling, hingga konten berbasis AR (Augmented Reality), semua ini biasanya bisa bikin audiens merasa lebih terhubung dengan brand jadinya.
Trik: Coba buat konten challenge atau game supaya audiens bisa ikut. Misalnya buat hashtag challenge di TikTok atau Instagram Reels biar audiens ikut berpartisipasi dalam konten brand. Makin banyak orang yang berinteraksi dengan campaign, makin besar juga kemungkinan brand jadi viral!
Brand Wajib Tau! Ini Trik Bikin Campaign yang Menonjol di 2025. (Sumber: Freepik)
Baca juga: Inovasi Digital Marketing yang Wajib Diketahui Brand di Tahun 2025
3. Personalisasi Konten untuk Setiap Audiens
Mungkin Sobat udah tahu, tapi di 2025, personalisasi itu bukan lagi sekedar tambahan tapi adalah keharusan. Audiens 2025 pengen pengalaman yang relevan dan spesifik sehingga brand harus bisa buat konten yang bicara langsung tentang kebutuhan mereka, bukan cuma menawarkan produk secara umum.
Trik: Gunakan big data dan AI buat ngumpulin wawasan tentang audiens dan bikin konten yang disesuaikan dengan preferensi mereka. Misalnya buat brand fashion, bikin aja campaign yang nampilin rekomendasi pakaian berdasarkan perilaku belanja audiens di platform, ini juga bisa dipakai buat meningkatkan engagement dan conversion rate secara signifikan.
Baca juga: Rahasia Sukses Kolaborasi dengan Influencer di Tahun 2025 yang Harus Kamu Coba!
4. Manfaatkan Video Pendek dan Live Streaming
Konten video bakal terus jadi format konten yang paling digemari. Tapi, audiens 2025 lebih suka video yang cepat, padat, dan menghibur. Video pendek yang bisa diliat dalam beberapa detik di TikTok, Instagram Reels, atau YouTube Shorts akan tetap jadi cara terbaik buat nyampein pesan brand.
Selain itu, live streaming juga berkembang sebagai cara membangun kedekatan dan kepercayaan dengan audiens secara real-time. Brand bisa ngenalin produk baru, melakukan Q&A, atau nunjukin behind-the-scenes dari produk brand sendiri.
Trik: Manfaatin video pendek buat bikin campaign yang memikat dan cepat viral, dan jangan ragu melakukan live streaming yang bikin audiens bisa bertanya langsung dan terlibat di percakapan.
Baca juga: Yang Perlu Diketahui Brand Buat Narik Perhatian Audiens Gen Z dan Alpha di 2025
5. Optimalkan Penggunaan Media Sosial untuk Jangkauan yang Lebih Luas
Media sosial adalah platform utama brand yang mau mencapai audiens lebih luas di 2025. Namun, kalo cuma mengandalkan satu platform jadinya terbatas sehingga brand harus melakukan diversifikasi ke berbagai platform seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan bahkan X (Twitter), lalu sesuaikan konten dengan karakteristik masing- masing.
Trik: Jangan fokus di satu platform. Misalnya, Instagram buat visual, TikTok kreativitas, dan YouTube untuk konten yang lebih panjang. Manfaatin juga user-generated content (UGC) untuk ningkatin kredibilitas brand. Ajak audiens bikin konten dengan produk atau layanan dan beri mereka insentif, seperti hadiah atau shoutout di akun brand.
Baca juga: Etika dan Tanggung Jawab Influencer Parenting dalam Membagikan Kehidupan Keluarga di Media Sosial
Di tahun 2025, digital marketing tentu makin dinamis dan penuh tantangan. Untuk itu, mengadopsi strategi seperti influencer marketing yang cerdas, konten interaktif, personalisasi, dan memanfaatkan kekuatan video pendek serta media sosial, bantu brand buat bisa nyiptain campaign yang benar- benar menonjol dan berkesan di mata audiens.
Jadi, siapin brand-mu buat bikin campaign digital yang luar biasa dengan join IAM.id!