Biar Tulisan Gak Monoton, Berikut 4 Tips Membuat Caption yang Menarik di Instagram
(Pexels/Tatiana Syrikova)
Konten di media sosial bukan cuman menarik dari segi isi, visual, sentuhan unik khas pemilik akun saja lho, melainkan ada faktor lain seperti caption.
Biasanya, orang-orang akan skip membaca caption yang ada, karena sudah melihat informasi awal di konten foto, video atau infografis. Biar gak ke skip saat unggah konten, ada caranya nih!
Berikut beberapa tips yang bisa rekan influencer atau KOL lakukan dalam membuat caption yang menarik, IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini!
1. Tahu siapa target audiens yang akan disasar
Sebelum menulis caption, rekan influencer harus tahu dulu nih siapa target audiens yang akan disasar. Anak muda kah, orang yang lebih tua atau lain-lain.
Sebab, ini akan berpengaruh pada penyampaian, misalnya jika menyasar anak muda, maka caption pun harus lebih luwes dan pakai bahasa sehari-hari yang relate.
Baca juga: Cara Mudah Menjual Produk Melalui Fitur Instagram Shopping
Jika orang-orang relate dengan apa yang kita utarakan, mungkin mereka akan betah lama-lama menikmati setiap konten kita.
2. Tunjukkan persona akun
Pasti SobatIAM bisa dong membedakan akun mana yang sering bercanda dan mana yang sering serius kalau di caption?
Nah, inilah yang dinamakan persona, kita ingin dikenal dan diingat orang seperti apa sih? Humoris kah, romantis kah, to the point dan serius kah, atau bahkan suka marah-marah, tinggal pilih sesuka hati.
Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Engagement untuk Akun Instagram Sebuah Brand
Persona ini bisa menarik minat para pengguna Instagram sehingga lebih mengenal sosok influencer tersebut karena menjadi daya tarik.
3. Jangan buat tulisan panjang
Memang beberapa konten di Instagram selalu menampilkan hal terbaru atau unggahan baru dari setiap influencer.
Maka dari itu, agar perhatian mereka tertuju ke kalian nih, buatlah caption yang simple dan menarik agar mereka mau baca.
Baca juga: 5 Cara Mudah Jualan di Instagram, Bisa Bantu Promosikan Produk
Penggunaan caption yang panjang ini akan membuat mereka monoton dan malas membacanya, jadi pilihlah kalimat efektif yang ingin diucapkan.
4. Sertakan dengan Call to Action (CTA)
Biar orang mau berhenti di postingan kita, caption juga mesti ada unsur ajakan atau Call to Action (CTA). Biasanya kalimat ini mengajak para followers memberikan tanggapan juga nih.
Tak jarang influencer yang memberikan kalimat ajakan bahkan pertanyaan, maka orang-orang akan ikut berinteraksi di kolom komentar.
Baca juga: Apa itu Fitur Collaboration di Instagram Beserta Manfaatnya
Itu tadi beberapa tips dalam menulis caption di media sosial terutama di Instagram, biasakanlah menulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan menarik ya, biar orang mau melihat unggahan kita dan berinteraksi di dalamnya.
Comments
No Comment yet