Apa Tujuan Membangun Komunikasi yang Efektif Bagi Influencer?
(Freepik/jcomp)
Sebagai influencer, tentu kita harus punya skill komunikasi, karena akan mempermudah dalam setiap proses perjalanan dan karir kita ke depannya.
Tentunya, apapun yang dilakukan pasti akan berdampak kepada diri kita, komunikasi yang baik, akan menciptakan hubungan yang baik, begitupun sebaliknya.
Nah, jika kamu masih bingung sebetulnya tujuan influencer membangun komunikasi yang baik itu untuk apa sih? Berikut IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini.
1. Bisa Membangun Kepercayaan
Tujuan pertama dari komunikasi adalah bisa membangun kepercayaan, sebab lawan bicara jika didengarkan, mereka akan menaruh kepercayaan kepada kamu nih.
Misalnya ada rekan sesama influencer meminta masukan soal konten, kamu boleh membagikan saran dan tanggapan terhadap hal tersebut.
Namun, jika mereka tidak ingin dikomentari, sebaiknya diam dan mendengarkan pendapat dan perasaan mereka biar kamu lebih dihargai ya.
2. Bisa Mencegah dan Mengatasi Masalah
Tujuan kedua dari melibatkan komunikasi adalah bisa mencegah masalah yang akan datang, karena lawan bicara bisa paham maksud pernyataan kamu nih.
Misalnya saja ketika menjalankan campaign dari brand, ketika kamu diberikan brief singkat untuk pembuatan konten, saat mengalami kebingungan, jangan ragu untuk bertanya.
Baca juga: Jauh dari Kasus, Berikut 5 Cara Agar Tiktokers Bebas dari Skandal
Dengan melibatkan komunikasi, akan meminimalisir kesalahan dan miskomunikasi di antara keduanya. Maka dari itu tentu ini menjadi suatu hal yang penting.
3. Disukai Banyak Orang
Dengan mengaplikasikan komunikasi dengan baik, kamu akan lebih dihargai dan disukai banyak orang, tentunya ini suatu keuntungan untuk kamu nih.
Baca juga: Pada Bulan Ramadhan, Apakah Influencer Harus “Puasa” Media Sosial?
Ketika sudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain, kamu akan dicintai followers, disukai oleh sesama influencer bahkan pihak brand menaruh kepercayaan yang sama.
4. Menciptakan Suasana yang Harmonis dan Kompak
Sebagai seorang influencer tentu lebih baik mengerjakan pekerjaan secara tim atau bersama-sama, inilah tujuan dari adanya komunikasi, yakni membangun kekompakan dan menciptakan suasana yang harmonis.
Dengan demikian, rasa percaya antara satu sama lain akan terbentuk, menciptakan hubungan yang kompak, dan mengurangi kesalahan yang tidak perlu.
Suasana yang harmonis ini sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas bekerja secara kelompok, baik dengan editor, kameramen bahkan orang sekitar. Jangan lupa terapkan sehari-hari ya.
Nah, itu tadi beberapa tujuan untuk membangun komunikasi yang efektif. Ada banyak manfaat yang akan dirasakan jika sudah tahu cara membangun komunikasi. Jangan ragu untuk menerapkannya di kehidupan profesional ya!
Comments
No Comment yet