Apa Saja Perbedaan Antara Paid Promote dan Endorsement?
(Freepik/lookstudio)
Bagi para pelaku usaha, untuk meningkatkan awareness, biasanya akan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan influencer marketing.
Baik itu endorsement atau paid promote keduanya memiliki keunggulan, namun banyak yang menyamakan kedua hal tersebut, padahal berbeda nih SobatIAM!
Jika memang belum tahu perbedaannya, berikut beberapa perbedaan yang sudah IAM.ID rangkum mengenai endorsement dan paid promote.
1. Media Promosi
Walaupun sama-sama membagikan promosi via media sosial, endorsement dan paid promote ini memiliki perbedaan lho!
Jika memilih endorse, nantinya influencer akan memberikan ulasan positif mengenai produk atau jasa. Baik kegunaannya maupun kelebihannya.
Baca juga: 4 Cara Menghindari Kesalahan saat Review Produk Hasil Endorse
Sedangkan paid promote seorang influencer hanya unggah konten materi atau poster dari salah satu brand di media sosialnya saja. Jadi, influencer tidak perlu buat konten review dan hanya posting materi dari klien.
2. Mekanisme Alur Promosi
Sedangkan alur promosi atau kerja sama dari kedua ini berbeda lho, yang pertama lebih mudah yakni endorse, dan yang agak rumit itu paid promote.
Alur kerja sama endorsement klien tinggal kirim produk atau barang kepada influencer, selanjutnya mereka akan membuatkan review produk kontennya di media sosial. Dan barang tadi jadi hak milik seorang influencer.
Baca juga: Pengen Endorse dan Paid Promote Influencer Tapi Budget Minim, Begini Cara Mengaturnya!
Sedangkan jika alur kerja sama paid promote, influencer mengirim kontrak kerja sama, dan klien pun mengirimkan kontraknya, setelah membaca kedua kontrak tersebut dan mencapai mufakat, barulah pihak brand mengirimkan pembayaran dan kirim materi promosinya.
3. Perbandingan Soal Harga
Nah, kedua cara ini juga berbeda terkait harga, sebetulnya jika SobatIAM ingin murah, biasanya menggunakan endorse, dan yang lebih mahal gunakan paid promote.
Perbedaannya cukup signifikan, endorse istilahnya kita akan membayar influencer dengan produk kita, dan bisa lebih murah tentunya.
Baca juga: 4 Kelebihan Endorsement yang Perlu Diketahui Rekan Brand
Sedangkan paid promote ditentukan dari jumlah followers, subscriber, engagement dan lain-lain, sehingga semakin banyak followers nya maka semakin mahal juga harga yang harus dibayarkan.
Nah, itu tadi beberapa perbedaan mendasar antara endorse dan paid promote, jika rekan brand memiliki bisnis yang baru, sangat disarankan untuk memilih endorse saja ya!
Comments
No Comment yet