Apa Keuntungan Endorse Barang untuk Influencer?
(Pexels/Anna Shvets)
Setiap brand yang ingin memperkenalkan produknya lebih luas, pastinya akan melakukan segala cara, salah satunya membuat strategi marketing yang efektif.
Tak jarang, pelaku usaha ini akan melakukan kerja sama dengan influencer atau Key Opinion Leader (KOL) demi produknya lebih dikenal orang. Nah, bagi pemilik brand baru, ada cara efektif yang bisa dilakukan, yakni dengan tukar konten dengan barang. Wah, gimana tuh?
Berikut IAM.ID akan merangkum beberapa keuntungan yang bisa dilakukan jika melakukan endorse dengan barang.
1. Biaya lebih hemat
Bagi pelaku bisnis baru, mungkin berkolaborasi dengan influencer akan mikir-mikir nih, apalagi menganggap biaya yang perlu dikeluarkan untuk kerja sama dengan influencer cukup tinggi harganya.
Baca juga: 5 Cara Content Creator dan Influencer Mendapatkan Cuan Tambahan
Padahal, SobatIAM bisa bekerja sama influencer dengan endorse barang saja lho. Dan ini bisa menghemat biaya jika harus membayar jutaan rupiah.
Melalui barter produk ini, brand kita akan dipromosikan, dan produk yang kita jual akan dikenal oleh orang banyak karena digunakan influencer tersebut.
2. Meningkatkan brand awareness
Setiap bisnis baru tentunya ingin fokus dikenal orang terlebih dahulu. Maka, dengan bekerja sama dengan influencer atau KOL akan meningkatkan brand awareness.
Ketika kita memberikan produk unggulan kita ke influencer atau KOL, mereka akan mulai review dan menggunakannya.
Baca juga: Cara Mudah Menjual Produk Melalui Fitur Instagram Shopping
Nah, opini positif yang mereka utarakan ini akan lebih mengenalkan keunggulan produk ke para followers nya, yang memiliki ketertarikan yang sama dengan influencer tersebut.
3. Konten review yang dibuat influencer atau KOL menarik
Kenapa disebut efektif, karena jika kita mengirim produk ke influencer atau KOL, mereka pastinya akan membuat konten soal produk tersebut.
Nah, konten tersebut bisa digunakan lagi sebagai media promosi atau bentuk testimoni agar orang-orang mau mencoba produk unggulan yang ada.
Baca juga: 4 Ide Bisnis Sampingan yang Bisa Dilakukan Para Influencer
Apalagi, aset konten ini penting bagi pelaku usaha yang baru, sehingga kita bisa menganalisa dan mengevaluasi konten yang akan dibuat agar lebih baik dan menarik kedepannya.
4. Bisa menambah followers atau calon pembeli baru
Selayaknya endorsement, pasti tujuannya ingin menambah pembeli baru dan orang-orang kepoin Instagram atau media sosial yang kita punya.
Dengan mengirim produk ke influencer, secara tidak langsung para pengikutnya yang memiliki niche yang sama dengan influencer atau KOL tersebut akan melihat seluk beluk produk yang digunakan.
Jika sudah melihat hasil review, mereka akan mulai mencari-cari informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut dan jika suka, akan follow dan membeli.
Baca juga: Mengenal Dimensi Brand Persona dan Manfaatnya untuk Sebuah Bisnis
Ternyata dengan biaya yang hemat, SobatIAM bisa mendapatkan banyak sekali manfaat jika berkolaborasi dengan influencer atau KOL. Nah, jika mencari influencer untuk campaign yang akan dilakukan, platform IAM.ID bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha mulai dari UMKM demi menyasar target audiens dengan mudah dan tepat.
Comments
No Comment yet