Apa Itu Exposure, dan Bagaimana Cara Influencer Bisa Bantu Exposure Bisnis?
(Freepik)
Coba ngaku, pasti dari SobatIAM pernah denger orang-orang bilang “Bisa gak dibayar pake exposure” baik dalam konteks bercanda atau serius.
Istilah exposure ini mungkin amat sangat melekat di influencer ya, bahkan exposure ini juga bisa membawa keuntungan yang lebih baik lho!
Jika SobatIAM ingin tahu lebih soal exposure, simak beberapa informasi yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini yuk!
Apa itu Exposure?
Secara sederhana, exposure adalah atensi atau perhatian yang didapatkan sebuah perusahaan karena terpapar media massa.
Salah satu exposure bisnis yang sering digunakan yakni kerjasama promosi dengan seorang influencer.
Baca juga: Kenali 5 Proses Customer Journey yang Perlu Dipahami Rekan Brand
Biasanya kebanyakan pemilik bisnis akan membayar biaya exposure kepada influencer dengan memberikan sebuah produk.
Perhatian yang dihasilkan dari bisnis yang dikenal masyarakat ini biasanya didapatkan dengan berbagai cara, misalnya diliput media massa dan menjalankan influencer marketing.
Apakah Influencer Bisa Membantu Exposure Bisnis?
Jika berbicara konteks influencer dalam exposure, tentu jawabannya bisa nih. Apalagi, influencer juga dikenal sebagai jembatan bagi para bisnis untuk menjangkau audiens melalui media sosial.
Dengan begitu, pemilik bisnis bisa memanfaatkan interaksi dan kepercayaan yang dibangun antara influencer dan pengikutnya melalui konten promosi yang diunggah.
Melalui konten tersebutlah exposure terjadi saat audiens terpapar oleh informasi tentang brand tersebut.
Baca juga: 4 Ide Konten untuk Brand yang Bisa Dicoba Selama Bulan Ramadhan
Umumnya, sebuah bisnis akan memberikan produk atau jasanya secara cuma-cuma hingga berbayar untuk melakukan hal tersebut.
Cara melakukan exposure yang tepat adalah harus memilih influencer yang tepat nih, dan perhatikan juga data yang bisa menunjang keberhasilan sebuah campaign.
Pilihlah influencer yang sedang trending, dan memiliki pertumbuhan yang positif, baik itu followers growth nya hingga engagement rate nya.
Nah, ternyata exposure ini sangat baik dilakukan oleh pemilik bisnis untuk bisa lebih dikenal oleh orang banyak melalui media yang digunakan. Dalam konteks influencer marketing, media sosial lah menjadi senjata andalan untuk meraih exposure tersebut.
Comments
No Comment yet