6 Tren Platform Media Sosial 2024 yang Harus Kamu Ketahui
Semakin meningkatnya pengaruh media sosial, maka begitu pula brand dan influencer dituntut untuk meningkatkan kreatifitas dan mengetahui wawasan baru mengenai lingkup sosial media. Salah satunya dengan mempelajari tren terkini dari masing- masing platform.
(sumber: freepik/ creativeart)
Untuk itu, berikut IAM.id rangkum dari socialinsider 6 tren platform media sosial tahun 2024.
1. TikTok Menjadi Lebih Populer
Mungkin beberapa orang dapat beralih ke platform terbaru lainnya, namun TikTok masih akan tetap popular. TikTok akan terus tumbuh dan berkembang karena jumlah pengguna dan popularitasnya yang terus meningkat. Untuk pengguna yang beruntung, video mereka bisa menjadi viral dan membantu mereka mendapatkan populartias dan pengikut yang besar. Banyak yang tertarik pada viralitasi TikTok karena tampaknya tidak ada pola khusus yang harus diikuti untuk mencapainya. Saat ini jumlah pengguna TikTok telah mencapai 1,677 miliar dan terus meningkat.
Baca juga: 7 Tren Cyber Security di 2024 yang Harus Diwaspadai
2. Dominasi Reel di Instagram
Reel Instagram merupakan salah satu jenis konten yang paling menarik bagi pengguna seiring dengan meningkatnya popularitas video pendek. Meskipun, kesuksesan reel tidak dapat mengalahkan video TikTok yang juga sangat popular. Instagram tetap menjadi platform media sosial yang digunakan banyak merek dengan jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 2,35 miliar dan pengguna aktif harian sekitar 500juta lebih. Algoritma Instagram lebih menyukai reels dan sangat memprioritaskannya sebagai jenis konten yang direkomendasikan. Salah satu hal penting dalam membuat reel adalah menggunakan audio viral untuk meningkatkan peluang viral.
3. LinkedIn Bukan Hanya Soal Pekerjaan dan Profesionalitas
LinkedIn telah mengalami perkembangan yang signifikan dari platform yang awalnya hanya digunakan untuk mencari dan memposting lowongan pekerjaan, kini LinkedIn menjadi tempat dimana pengguna dapat berbagi konten mentah yang terinspirasi dari pengalaman mereka sendiri. Pengguna juga mulai menunjukkan jati diri mereka dalam menangani tugas, meluangkan waktu untuk kesehatan mental, dan mencari inspirasi. Hal ini membuat LinkedIn mulai meningkat selama pandemic dan tren ini kemungkinan akan terus berlanjut. Namun, masih belum jelas apakah algoritma LinekdIn lebih menyukai postingan pribadi dibanding postingan professional.
Baca juga: Tips Brand dan Influencer Menghadapi Awal Tahun 2024
4. User Generated Content (UGC) Meningkat
Generasi Z sangat bergantung pada media sosial untuk mengekspresikan diri dan membagikan kehidupan mereka, seperti makanan, liburan, pendapat, dan lainnya. Mereka menggunakan media sosial sebagai jurnal online dan sering mengunggah konten. Selain sering sharing konten kreatif, gen z juga sering memposting tentang merek/ produk yang mereka sukai. Karena itu, konten buatan gen z ini diprediksi akan meningkat dan populer di tahun 2024.
5. SEO Lebih Ampuh Daripada Tagar
Pengoptimalan mesin telusur penting agar konten disukai oleh mesin pencari, apalagi sekarang banyak generasi muda yang menggunakan media sosial sebagai mesin pencari. SEO memainkan peran penting dalam viralitas postingan daripada tagar. Penelitian ini menunjukkan bahwa postingan media sosial dengan SEO yang bagus memiliki keterlibatan yang lebih tinggi. Tren ini akan terus berdampak pada tahun 2024 yang akan diikuti merek- merek. Praktik SEO sosial adalah perbedaan yang penting dalam postingan media sosial sehingga strategi media sosial harus menyertakan riset kata kunci.
Baca juga: 5 Cara Membangun Strategi Manajemen Cyber Security di Tahun 2024
6. Keterangan Dalam Video Makin Penting
Dengan menambahkan teks ke video, pengalaman yang inklusif dapat tercipta sehingga semua orang dapat turut serta dalam konten tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat didengar dan dipahami oleh semua orang tanpa mengabaikan individu dengan gangguan pendengaran. Selain itu, dengan adanya teks, kita juga dapat menyampaikan informasi secara lebih jelas dan terorganisir sehingga memudahkan penonton dalam memahami konten video. Dalam era media sosial yang kaya akan konten video, menambahkan teks pada video adalah langkah penting untuk meningkatkan keterlibatan dan menjangkau audiens lebih luas.
Nah itu dia 6 tren platform media sosial tahun 2024!
Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru lainnya dengan terus baca kumpulan artikel tentang Tips Influencer dan Brand di sini ya!
Sumber:
Comments
No Comment yet