5 Momen Pemasaran yang Gak Boleh Dilewatkan oleh Influencer dan Brand di Tahun 2025
Sebentar lagi udah tahun 2025 aja yah ga kerasa ternyata influencer marketing dan digital branding makin banyak perkembangannya. Media sosial masih jadi platform andalan buat brand dan influencer untuk berinteraksi dengan audiens, membangun branding, dan tentunya meningkatkan penjualan. Nah makanya penting nih buat para influencer dan brand memanfaatkan momen- momen pemasaran tertentu untuk bisa meraih hasil maksimal.
Nah, buat sobat influencer maupun sobat brand yang mau tetap relevan dan sukses di 2025, ada beberapa momen penting pemasaran nih yang kayaknya haram aja gitu kalo kelewat. Momen ini mulai dari event besar, hari spesial, sampai tren musiman. Makanya catet yuk! Ini dia 5 momen pemasaran 2025 buat ningkatin jangkauan dan engagement di media sosial!
Baca juga: Gus Miftah sebagai Influencer: Membangun Personal Branding dengan Konten Dakwah
1. Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional): E-Commerce Terbesar di Indonesia
Buat kalian yang aktif di media sosial dan merupakan bagian penting di dunia influencer marketing, momen Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) adalah kesempatan emas yang wajib banget diikutin. Harbolnas biasanya ada setiap akhir tahun (Desember) dan menjadi ajang besar belanja dengan diskon besar- besaran jadi di sini banyak brand dan influencer berlomba menawarkan penawaran terbaik.
Harbolnas adalah kesempatan buat brand untuk manfaatin konten promosi secara maksimal, seperti campaign diskon, bundling produk, bahkan giveaway spesial. Sedangkan buat influencer, ini adalah waktu yang pas untuk berkolaborasi dengan brand dan mempromosikan penawaran khusus dengan cara yang kreatif, mulai dari unboxing produk, review, hingga konten video yang engaging.
Strategi pemasaran kayak gini gak cuma mendorong penjualan lho, tapi juga memperkuat branding di mata audiens. Jadi, pastiin udah siap dengan konten menarik dan sesuai dengan tema Harbolnas ya!
Baca juga: AI dalam Influencer Marketing, Meningkatkan Otentisitas atau Menurunkan Kepercayaan?
2. Hari Raya dan Festival Musiman: Saatnya Tingkatkan Engagement dengan Konten Tematik
Momen hari raya atau festival musiman, seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan Valentine’s Day, selalu memberikan peluang besar buat influencer dan brand untuk berkolaborasi dengan audiens. Momen ini spesial banget dan penuh emosi sehingga siapapun bisa bikin konten yang lebih personal dan menyentuh.
Misal pas Lebaran, kamu bisa bikin konten tentang persiapan menyambut hari raya, resep masakan, atau ide hadiah yang unik. Begitu juga saat Natal, berbagi cerita tentang gimana merayakan hari spesial bersama keluarga juga biasanya jadi andalan. Untuk brand, ini waktu yang pas buat meluncurkan produk atau promo spesial, terutama terkait tema hari raya.
Influencer marketing yang berbasis pada perayaan bisa menghasilkan engagement lebih tinggi karena audiens merasa lebih terhubung dengan konten yang relevan dengan momen. Pastikan branding hadir dengan cara authentic dan kreatif, agar bisa membangun hubungan jangka panjang dengan audiens.
5 Momen Pemasaran yang Gak Boleh Dilewatkan oleh Influencer dan Brand di Tahun 2025. (Sumber: Freepik)
Baca juga: IAM.id Berpartisipasi dalam Event InnoSphere 2024: Dorong Inovasi dan Kolaborasi di ITB Innovation Park
3. Fashion Week dan Event Industri: Saatnya Tunjukin Inovasi Brand
Fashion week atau event industri besar lain seperti Jakarta Fashion Week, Comic Con, atau event teknologi besar, adalah momen yang sayang dilewatkan. Event ini merupakan ajang yang pas buat brand dan influencer untuk menunjukkan inovasi mereka.
Buat influencer, hadir di event besar ini atau melakukan live streaming langsung dari acara tersebut bisa meningkatkan kredibilitas dan jangkauan audiens. Coba buat konten menarik yang memberikan audiens “behind the scenes” atau cuplikan eksklusif dari acara tersebut. Ini adalah kesempatan bagus untuk menarik perhatian audiens yang tertarik pada industri terkait, baik itu fashion, teknologi, atau hiburan.
Buat brand, event ini efektif banget untuk memperkenalkan produk baru, bahkan untuk memperkuat branding dengan memperlihatkan kehadiran mereka di dunia industri. Kolaborasi dengan influencer yang hadir di event tersebut bisa juga memperluas jangkauan lho.
Baca juga: Kenapa Rebranding Maksimalis Penuh Warna Bisa Jadi Tren di 2025?
4. Social Awareness Campaign untuk Bangun Reputasi Brand yang Peduli
Salah satu tren pemasaran 2025 yang makin menguat adalah campaign social awareness. Konsumen akan melirik produk yang juga peduli dengan nilai- nilai yang mereka anut. Makanya, brand dan influencer yang dukung isu sosial, seperti keberlanjutan, kesetaraan gender, atau keadilan sosial, akan makin dihargai.
Nah influencer yang terlibat dalam campaign social awareness atau berbagi konten yang mendukung isu penting juga bisa ningkatin engagement lho, terutama dengan audiens yang punya kesadaran tinggi terhadap masalah sosial. Hal ini juga bisa memperkuat branding sebagai seseorang yang peduli dan bertanggung jawab.
Brand yang mendukung campaign yang mirip juga dapat manfaat jangka panjang. Melalui influencer marketing yang cerdas, brand menunjukkan komitmennya untuk berkontribusi pada masalah sosial. Dengan begitu, brand akan lebih dihargai oleh audiens yang berbagi nilai yang sama.
Baca juga: Brand Mode 2025, Fashion yang Menggunakan Teknologi Canggih dan Sustainable Design
5. Ulang Tahun Brand atau Influencer: Rayakan dengan Konten Eksklusif
Sekarang banyak kan orang yang suka merayakan ulang tahun? Termasuk ulang tahun brand atau ulang tahun influencer, momen ini special banget dong tentunya buat bikin konten yang menarik. Ulang tahun bisa jadi ajang untuk menunjukkan seberapa jauh perjalanan yang telah ditempuh baik oleh brand atau influencer.
Untuk brand, ulang tahun bisa jadi kesempatan untuk melakukan promosi eksklusif, seperti diskon besar, produk limited edition, atau acara spesial yang melibatkan pengikut di media sosial. Buat influencer, momen ulang tahun bisa jadi ajang untuk lebih dekat dengan audiens, misalnya dengan berbagi cerita, refleksi perjalanan karier, atau memberi hadiah buat followers setia.
Konten yang dibuat di momen ulang tahun kayak gini biasanya sangat personal dan mengundang banyak interaksi, sehingga berpotensi meningkatkan engagement dan kesempatan memperkuat branding, serta membuat audiens merasa lebih terhubung.
Baca juga: Etika dan Tanggung Jawab Influencer Parenting dalam Membagikan Kehidupan Keluarga di Media Sosial
Setiap tahun termasuk tahun 2025, membawa berbagai peluang pemasaran yang sangat potensial buat influencer dan brand. Ada momen Harbolnas, hari raya, sampai campaign kesadaran sosial, tiap momen menawarkan kesempatan besar untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens melalui konten yang kreatif dan relevan. Jangan lupa manfaatkan influencer marketing untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan branding agar lebih mudah menarik perhatian audiens yang tepat.
Pastikan kita semua udah siap dengan strategi fresh yang tepat untuk menghadapi momen- momen penting di tahun yang baru nanti agar influencer marketing yang dilakukan memberikan hasil maksimal dan memperkuat branding di tahun 2025!