5 Ide Konten Kolaborasi yang Dilakukan oleh KOL dan Brand, Promosi jadi Efektif!
(Freepik/DCStudio)
Ada banyak jenis konten yang unik untuk promosi sebuah brand, entah itu dengan menggaet influencer yang lagi hype, atau melibatkan seorang KOL yang kompetensinya tidak diragukan lagi.
Terkadang, brand kebingungan konten promosi yang menarik seperti apa untuk melibatkan seorang KOL dalam campaign mereka.
Nah, dari pada masih bingung, berikut beberapa ide konten yang bisa dilakukan rekan brand ketika menggaet seorang KOL. Berikut IAM.ID merangkumnya di bawah ini!
1. Account takeover
Pernah melihat satu brand yang mengadakan live entah itu di Instagram atau TikTok, namun yang muncul seorang KOL dari brand tersebut? Nah, itulah yang dinamakan account take over atau bisa disebut juga platform takeover.
Ide ini bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, misalnya take over akun Instagram brand dan diisi dengan obrolan santai bersama customer di dunia maya.
Baca juga: Mengenal KOL Specialist Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya
Jangan lupa KOL selain menyapa para customer setia brand, sekaligus mempromosikan produk baru atau mengajak menggunakan produk brand tersebut ya!
2. Konten how to
Konten berbagi tips atau how to ini merupakan salah satu konten yang cukup mudah, namun menarik jika dijalankan oleh seorang KOL nih!
Apalagi, audiens akan suka konten yang membantu mereka melakukan sesuatu. Dan konten seperti inilah yang bisa dicoba. Misalnya berbagi tips untuk kegiatan sehari-hari yang relevan dengan brand dan KOL nya.
Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Berkolaborasi dengan Influencer
Sebagai contoh, jika SobatIAM punya brand pakaian, buatlah konten how to yang mengarah seperti tips mencucinya, bagaimana warna pakaian tidak mudah luntur dan lain sebagainya.
3. Konten review dari KOL
Keputusan orang dalam membeli sebuah produk pasti dipengaruhi banyak faktor, bisa karena rekomendasi teman, brand nya terbilang besar dan sudah berdiri lama, atau hasil review profesional seperti KOL.
Nah, jenis konten review produk ini bisa jadi ide yang bisa dilakukan untuk membantu para audiens dalam membuat keputusan untuk membeli produk kita nih!
Baca juga: 5 Contoh Konten Negatif yang Tidak Boleh Influencer dan KOL Buat!
Misalnya seorang KOL review sebuah produk mulai dari kegunaan dan keunggulannya, sehingga jika ulasan positif itu diberikan oleh seorang KOL, pastinya akan lebih meyakinkan bagi para audiens.
4. Podcast
Tak heran bahwa seorang KOL sering diundang untuk menghadiri undangan wawancara, talk show atau tamu di podcast karena pengalaman dan jam terbangnya di bidang yang dia miliki.
Apalagi, podcast saat ini banyak digandrungi orang banyak. Melihat peluang yang ada, tak sedikit brand yang berkolaborasi dengan beberapa podcaster untuk mengundang KOL salah satu brand ke podcast mereka.
Baca juga: Cara Memilih Influencer atau KOL yang Tepat untuk Endorsement
Melalui konten ini, bisa jadi efektif untuk membangun kepercayaan lebih kepada audiens. Banyak streaming podcast yang bisa dijajal, misal Spotify dan Noice.
5. Product placement
Terakhir ada product placement, salah satu ide kolaborasi yang biasa dilakukan oleh brand dengan KOL nya nih. Tujuannya tentu untuk menjangkau lebih banyak audiens.
Cara melakukannya pun cukup mudah, misalnya dengan bekerja sama dengan KOL yang memiliki pengikut di akun media sosialnya, katakanlah YouTube.
SobatIAM tinggal sertakan produk kamu untuk digunakan atau dipajang di YouTube KOL tersebut, atau lebih bagus melakukan kegiatan sehari-hari.
Nah, sekarang sudah terbayang bukan konten mana saja yang cocok dibuat untuk strategi promosi yang melibatkan KOL? Jangan ragu untuk eksplorasi dan menyesuaikan dengan KOL yang diajak kerja sama ya!
Comments
No Comment yet