5 Faktor Menentukan Kriteria KOL yang Ideal Bagi Brand
(Freepik/benzoix)
Setiap brand pasti menginginkan produk mereka digunakan atau dikenal banyak orang. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan berkolaborasi dengan KOL.
Namun penentuan ini tentu harus berdasar dan tidak boleh asal, karena akan berimbas besar pada produk dan brand kita.
Oleh sebab itu, inilah beberapa faktor penentu kriteria sebuah KOL sebelum dipilih oleh brand. IAM.ID akan merangkumnya untuk rekan bisnis semua.
1. Tahu Siapa Target Audiensnya
Agar memilih KOL jadi lebih ideal, SobatIAM harus mengetahui terlebih dahulu target audiens di KOL tersebut, apakah sesuai dengan brand kita atau tidak.
Karena kebanyakan kasus ketika memilih KOL target audiens nya melenceng dari apa yang kita targetkan, bahkan berbeda.
Baca juga: 5 Ide Konten Kolaborasi yang Dilakukan oleh KOL dan Brand, Promosi jadi Efektif!
Menentukan target audiens ini akan memengaruhi strategi marketing yang dijalankan sesuai dengan sasaran.
2. Latar Belakang KOL
Faktor lainnya yang dipilih brand ketika bekerja sama dengan KOL adalah latar belakang mereka, apakah mereka ahli dibidangnya atau tidak.
Hal ini akan berdampak pada pengaruh yang ia punya. Semakin ia kredibel dibidangnya, maka orang-orang akan percaya terhadap brand kita lewat testimoni mereka.
Baca juga: Punya Pengaruh Besar, Inilah 3 Fungsi Seorang KOL dalam Marketing
Jika sudah ada pengalaman yang lama dan kredibel, opini yang KOL sampaikan akan dengan mudah diterima kepada masyarakat luas.
3. Followers
Memang bukan satu-satunya faktor penting, namun jumlah pengikut ini juga jadi penentu apakah orang-orang tertarik dengan KOL tersebut atau tidak.
SobatIAM harus waspada juga nih, apakah pengikutnya itu hasil membeli untuk tujuan menaikkan tarif atau memang organik, maka perlu diperhatikan dulu ya.
Baca juga: Manfaat Memiliki KOL Management di Suatu Perusahaan atau Bisnis
4. Engagement
Setelah melihat tiga poin di atas, terakhir cek lagi engagement atau konten yang sering mereka buat. Apakah berpengaruh dan berpotensi mendatangkan engagement yang tinggi atau tidak.
Hal ini penting karena sebagai cerminan konten yang mereka buat untuk brand kita akan berdampak sama. Jika memang konten yang dibuat menarik, tentu pesannya akan sampai ke audiens.
5. Gunakan Analytics Tool Khusus Influencer
Demi menyasar target audiens dengan mudah, beberapa perusahaan ada yang menggunakan jasa analytics tool khusus influencer.
Jika SobatIAM sedang mencari kemudahan tersebut, IAM Influencer Indonesia bisa membantumu untuk mencari influencer yang tepat dan menjalankan campaign yang ada.
Syarat nya pun cukup mudah untuk memonitor campaign, kita bisa melihat sejauh mana campaign berjalan dan konten yang dibuat influencer. Lebih praktis bukan?
Nah, itu tadi beberapa faktor penting saat menentukan KOL, jika memang lebih mudah menggunakan analytics tool, mengapa tak mencoba sekarang? Pekerjaan dan memantau kerja influencer jadi lebih mudah dan anti ribet deh!
Comments
No Comment yet