4 Tips Menolak Halus Tawaran Endorse atau Campaign dari Brand
(Unsplash/abillion)
Walaupun tujuan influencer menghasilkan uang dari konten, tak sedikit dari mereka yang keteteran bahkan kewalahan menerima pekerjaan dari brand, entah itu endorse atau menjalankan kampanye promosi lainnya.
Apalagi, dalam pembuatan konten tidak bisa semudah menjentikan jari, ada waktu yang terkuras mulai dari memikirkan ide, proses pembuatan konten hingga proses editing.
Jika memang ingin menolak tawaran dari brand namun bingung gimana caranya, sini, IAM.ID kasih tipsnya untuk kamu nih!
1. Pikirkan terlebih dahulu dengan matang
Tawaran yang datang memang sebuah kesempatan bagi kita untuk terus dikenal dan berkarya. Namun, sebelum memutuskan, alangkah baiknya untuk memikirkan dengan matang ya.
Apakah memang sesuai dengan passion kamu atau tidak. Dan mungkin ada banyak pertimbangan dalam menolak dan menerima sebuah tawaran yang masuk.
Baca juga: Cara Memilih Influencer atau KOL yang Tepat untuk Endorsement
Daripada menyesal kemudian hari, pikirkan kondisi terlebih dahulu, jika memang khawatir tidak maksimal, jangan menyanggupi. Jika memang ingin totalitas dan mau belajar, silahkan ambil kesempatan nya ya.
2. Balas pesan dari pihak brand sesegera mungkin
Seorang influencer bukan dilihat dari jumlah pengikutnya saja, tetapi attitude mereka. Hal yang sering dialami oleh brand ketika mengajak kerja sama influencer itu selalu dighosting.
Jika memang tawaran tersebut tidak sesuai dengan ketentuan endorse, maka sampaikanlah segera dengan membalas pesan dari orang yang menawari kerja sama.
Baca juga: Apa itu Endorse dan Manfaatnya untuk Sebuah Brand
Jangan sampai mereka menunggu lama kepastian, karena akan memperhambat kerja brand. Komunikasi yang baik akan mempermudah semuanya SobatIAM!
3. Walaupun menolak, tetap ucapkan terima kasih
Jika memang ada tawaran yang masuk dan SobatIAM ingin menolaknya, cobalah sampaikan terima kasih dan apresiasi dengan senang hati.
Berterima kasih yang dimaksud adalah pihak brand sudah menganggap kita sebagai orang yang layak dalam menjalankan promosi mereka, jadi sepatutnya senang dan menghargai pilihan mereka nih.
Baca juga: Modal Penting Influencer, Berikut 5 Cara Review Produk Hasil Endorse
Kalau pun alasannya entah itu ada jadwal yang bentrok atau lainnya, coba sampaikan apresiasi dan berikan alasan yang logis ya.
4. Berikan alasan yang jelas
Terakhir, saat kita ingin menolak tawaran endorse yang masuk, cobalah untuk menolak dengan alasan yang jelas dan bisa diterima ya.
Sampaikan dengan jujur alasan menolaknya, dan jangan usahakan tetap berelasi dengan pihak brand di kemudian hari.
Apalagi networking menjadi suatu hal yang penting bagi kehidupan influencer, jangan ragu untuk terus berkomunikasi atau terlibat di project lainnya.
Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dipakai ketika menolak tawaran endorse dari pihak brand. Namun, sebelum menolak alangkah baiknya untuk memikirkan dengan matang ya. Dan saran untuk influencer baru, jangan langsung menolak, cobalah untuk menjalankan campaign brand demi kelangsungan karir ke depannya.
Comments
No Comment yet