4 Tips Memaksimalkan Endorse Biar Lebih Efektif bagi Brand
(Freepik/DCStudio)
Endorse ini ibarat jalan pintar demi produk yang dimiliki SobatIAM bisa dikenal orang banyak, dan tidak heran pemilik brand baru melaksanakan aktivitas marketing tersebut.
Namun dalam endorse sendiri tidak boleh sembarangan lho, imbasnya akan sulit mencapai tujuan yang direncanakan sebelumnya.
Maka dari itu, ada beberapa pertimbangan ketika ingin merencanakan endorse biar lebih efektif. Berikut IAM.ID rangkum tipsnya!
1. Perhatikan dulu Budget Promosinya
Sebelum endorse, perhatikan terlebih dahulu budget yang ada untuk promosi, setelah itu barulah memilih mana influencer atau selebgram yang sesuai dengan budget yang ada.
Tentu pemilihan ini tricky, pasalnya jangan terpaku pada influencer yang punya nama tenar saja. Karena banyak selebgram dengan rate murah namun memiliki followers banyak dibarengi dengan interaksi tinggi juga.
Baca juga: 4 Hambatan Influencer saat Endorsement Produk dari Sebuah Brand
Hal yang harus diperhatikan juga adalah cari influencer lintas platform, dan analisa performanya biar lebih tepat memilih influencer.
2. Sesuaikan Influencer dengan Target Pasar
Penggunaan influencer untuk kebutuhan endorse bisa lebih efektif jika menyesuaikan selebgram yang akan dipilih sesuai target pasar yang ada.
Misalnya SobatIAM punya brand produk olahraga, maka pilihlah influencer yang memang cukup terkenal di kalangan komunitas olahraga.
Baca juga: Gimana Cara Buat Konten Endorsement Lebih Menarik? Berikut 4 Tips Nya!
Pemilihan influencer ini juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen, Jika dipakai orang yang paham olahraga, pastinya akan menggunakan produk itu juga untuk kebutuhan mereka.
3. Buat Perjanjian Kerja Sama dengan Baik
Ketika hire influencer untuk menjalankan campaign produk kita, sebaiknya perhatikan terkait perjanjian seperti hak dan kewajiban kedua belah pihak, sehingga perjanjian tersebut tidak bermasalah kemudian hari.
Misalnya influencer tahu konsep endorse seperti apa yang harus dilakukan, bagaimana targetnya, kapan harus post dan lain-lain.
Baca juga: Bukan untuk Influencer Saja, Inilah 7 Jenis Endorsement yang Harus Rekan Brand Tahu
Sehingga influencer dan brand melaksanakan pekerjaan dengan baik tanpa adanya miskomunikasi diantara keduanya.
4. Mencatat Hasil Penjualan Setelah Endorse
Ketika konten atau produk kita di-review oleh influencer, SobatIAM jangan tenang-tenang saja nih. Ada hal penting yang harus dilakukan, yakni mencatat hasil penjualan.
Hal ini penting dilakukan untuk memastikan seberapa besar pengaruh endorse selebgram terhadap bisnis kamu, dan juga menilai apakah campaign yang dilakukan berhasil atau belum.
Jika memang tidak berhasil dan penjualan sedikit, berarti ada bahan evaluasian, entah itu materi campaign atau bahkan pemilihan influencernya.
Sekarang sudah tahu kan bahwa memaksimalkan endorse ini sangat penting, apalagi jika SobatIAM merupakan pemilik bisnis baru, jangan sampai membuang-buang budget yang ada, usahakan pergunakan sesuai dengan kebutuhan ya!
Comments
No Comment yet