Tidak Selalu Ampuh, Inilah 3 Kekurangan Viral Marketing!
(Freepik)
Banyak yang mengira bahwa iklan atau produk yang viral dan menjadi bahan perbincangan di dunia maya pasti akan berpengaruh pada penjualan.
Nah, ternyata viral marketing itu bak dua mata koin, ada kelebihan dan kekurangannya. Dan siapa sangka, viral marketing ada juga lho kekurangan yang perlu kamu ketahui.
Berikut ini beberapa kekurangan dari viral marketing yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini!
1. Ada Potensi Menjadi Boomerang
Jika SobatIAM berharap banyak dari viral marketing, perlu hati-hati karena viral marketing ini berpotensi menjadi boomerang lho.
Jika ternyata konten yang viral namun tone nya negative tentu akan berpengaruh kepada citra perusahaan bahkan penjualan sebuah bisnis.
Maka dari itu, sebelum membuat konten marketing yang viral, kamu perlu membuatnya dengan sangat cermat dan penuh kehati-hatian ya.
2. Sulit dalam Mengukur Keberhasilannya
Kekurangan selanjutnya yakni tingkat keberhasilannya sulit untuk diukur nih, karena secara umum sulit bagi kita mengetahui dan menentukan apa sih indikator keberhasilannya.
Baca juga: Mengenal 5 Barang yang Paling Laris di TikTok Shop
Hal ini dikarenakan tidak ada indikator yang baku, apalagi jika mengukurnya dari peningkatan volume penjualan, masih dirasa belum cukup.
3. Campaign Tidak Selalu Dijamin Berhasil
Karena sebelumnya kita tidak mengetahui indikator yang pasti untuk menentukan keberhasilan, maka dari itum strategi viral marketing ini juga tidak selalu terjamin akan selalu sukses lho.
Hal tersebut karena perilaku manusia yang sering kali tidak dapat diprediksi, maka dari itu jika salah menghitung waktu yang tepat untuk menyampaikan pesan, strategi ini bukan tidak mungkin akan mengalami kegagalan.
Nah, sudah tahu kan bahwa viral marketing ini ternyata tidak selalu berhasil, karena ada sejumlah indikator yang sulit untuk diukur. Jika berminat buat konten viral, jangan lupa pertimbangkan dan buat perencanaan yang matang ya SobatIAM!
Comments
No Comment yet