Tahu dari Teman Lalu Membeli Produk, Kenali Strategi Word of Mouth
(Freepik)
Pernah tidak sih SobatIAM kenal suatu produk dari rekomendasi teman, hingga banyak yang membicarakan produk tersebut sehingga membuat kamu jadi membelinya?
Nah, dalam istilah marketing, itu dinamakan word of mouth, biasanya orang yang membicarakannya itu bukan hanya menyukai saja, melainkan membicarakan hingga mempromosikannya.
Wah, akan berpengaruh pada sebuah brand dong? Tentu saja, maka dari itu, kenali lebih jauh mengenai word of mouth yang sudah iam.id rangkum di bawah ini yuk!
1. Apa itu word of mouth marketing?
Seperti namanya, word of mouth adalah upaya berbagi informasi dengan orang lain yang bisa dijadikan strategi pemasaran melalui merekomendasikan suatu produk kepada orang atau kelompok tertentu.
Secara sederhananya, SobatIAM yang menyukai satu produk katakanlah, maka akan selalu membicarakan produk tersebut, termasuk memuji produk tersebut.
Baca juga: Kenali 5 Strategi Promosi Lewat TikTok Biar Makin Nampol!
Sehingga, orang yang mendengarnya akan direkomendasikan oleh orang terdekatnya untuk sama-sama mencoba dan menggunakan produk tersebut.
2. Manfaat menggunakan strategi word of mouth
Ada banyak manfaat yang bisa diraih saat melakukan strategi ini, apalagi strategi word of mouth sendiri gratis karena dilakukan oleh pelanggan setianya. Berikut beberapa keuntungannya:
Meningkatkan kepercayaan: Word of mouth bisa terjadi karena merasa puas dengan suatu produk, jadi bisa meningkatkan kepuasan yang diterima hingga percaya terhadap produk tersebut, maka tak heran kalau pengguna setianya merekomendasikan ke orang lain.
Baca juga: Jenis TikTok Ads yang Bisa Mendukung Campaign Rekan Brand
Bisa membangun brand: Dengan dibicarakan oleh orang banyak, tentu akan membantu sebuah brand lebih dipercaya dan kredibel, sehingga brand tersebut akan semakin dikenal.
Murah dan tidak butuh biaya banyak: Agar sering dibicarakan, setiap brand perlu menghargai pelanggannya, agar pengalaman yang dirasakan pembeli terus melekat, jika sudah senang dan percaya, dengan sendirinya pelanggan setia akan merekomendasikan produk tersebut.
3. Cara meningkatkan word of mouth
Setelah mengetahui beberapa manfaatnya di atas, sekarang SobatIAM harus tahu cara meningkatkannya nih. Berikut caranya:
Buat kampanye yang menyentuh: Sebuah brand akan lebih mudah dikenal jika berhasil menyentuh sisi emosional pelanggan dengan campaign yang dijalankan. Jika berhasil, produk yang ditawarkan akan selalu jadi bahan perbincangan.
Baca juga: Kenali 5 Manfaat Content Marketing untuk Kebutuhan Bisnis
Kolaborasi dengan influencer: Dalam membantu branding, SobatIAM bisa berkolaborasi dengan influencer yang memiliki banyak pengikut. Pilihlah influencer yang sesuai dengan target audiens dari sebuah brand.
Terus jaga erat hubungan dengan pelanggan: Hubungan yang erat antara brand dan pelanggan akan membuat mereka lebih mudah merekomendasikan sebuah produk kepada orang lain.
Baca juga: Mari Mengenal Apa itu Referral Code dan Manfaatnya untuk Bisnis
Nah, itulah beberapa kekuatan dari word of mouth nih, jika segi emosional seorang pelanggan setia sudah didapatkan, maka ia tidak akan ragu untuk merekomendasikan produk yang dekat dengan mereka.
Comments
No Comment yet