Strategi Digital Marketing Kurang Optimal? Pahami Dulu 3 Marketing Funnel Ini!
Social media telah menjadi alat pemasaran yang sangat efektif bagi bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Salah satu strategi yang dapat membantu band mengoptimalkan upaya pemasaran di media sosial adalah dengan menggunakan marketing funnel.
(Sumber: Unsplash)
Baca juga: 250.000 List Influencer Marketing Indonesia Terlengkap Cuma di IAM.id !
Berikut IAM.id rangkum 3 jenis marketing funnel dalam social media marketing yang dapat membantu brand merencanakan strategi yang lebih efektif:
1. Awareness (Pendekatan)
Fase ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens potensial dan membuat mereka menyadari keberadaan dari sebuah brand. Di media sosial, brand dapat menciptakan awareness melalui konten yang menarik, kontes, iklan, dan kolaborasi dengan influencer. Penting untuk memahami audiens dengan baik agar konten yang dibagikan relevan dan menarik bagi mereka.
2. Engagement (Interaksi)
Setelah menarik perhatian audiens, langkah selanjutnya adalah membangun keterlibatan atau engagement. Fase ini melibatkan interaksi dengan audiens melalui komentar, like, dan berbagi konten. Brand dapat meningkatkan engagement melalui interaksi yang aktif dengan pengikut, menyediakan konten yang bernilai, dan memanfaatkan fitur-fitur seperti polling atau live streaming.
Baca juga: Influencer Marketing System dan Dampaknya pada Pengambilan Keputusan Konsumen
3. Conversion (Konversi)
Fase terakhir dari marketing funnel adalah konversi, di mana audiens yang sudah aware dan engaged menjadi pelanggan atau melakukan tindakan yang diinginkan oleh brand, seperti mengunjungi situs web, mendaftar, atau melakukan pembelian. Untuk meningkatkan konversi, brand dapat menggunakan iklan yang disesuaikan, menawarkan promo khusus, atau memberikan insentif bagi pelanggan potensial.
Dengan memahami dan mengimplementasikan ketiga jenis marketing funnel ini, brand dapat merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif di media sosial. Penting untuk terus memantau dan mengevaluasi kinerja brand untuk memastikan bahwa sebuah brand dapat mencapai tujuannya dan terus meningkatkan strateginya seiring waktu.
Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Campaign Berkelanjutan dengan Influencer Marketing System
Agar strategi social media marketing brand dapat berjalan secara optimal, percayakan layanan brand management dan influencer marketing brand kepada IAM.id !
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Social Media Management di sini ya!