Rekan Brand Gak Perlu Pusing, Ini Dia 7 Ide Konten di TikTok untuk Bisnis
(Unsplash/Solen Feyyisa)
Begitu banyak konten yang bertebaran di dunia maya, tak terkecuali di TikTok. Media sosial yang banyak digandrungi ini selalu menyajikan konten yang menarik dan unik dari para content creator nya.
Bisa dibilang, hal ini jadi kesempatan juga bagi rekan brand dalam menarik perhatian audiens dengan konten yang menarik dan khusus untuk promosi. Kira-kira konten seperti apa ya?
Berikut beberapa ide konten yang sudah iam.id rangkum untuk rekan brand, tanpa berlama-lama simak di bawah ini yuk!
1. Konten launching produk
Mungkin konten launching produk ini sudah tidak asing bagi pelaku usaha, memang konten model ini bisa sangat menarik calon konsumen dalam keputusan pembelian.
Bagaimana tidak, jika produk yang dikeluarkan menarik perhatian konsumen, dan memaparkan suatu masalah terlebih dahulu, lalu menjelaskan bagaimana produk SobatIAM menjadi solusi, yakin deh calon konsumen akan mulai order barang tersebut.
Baca juga: 4 Tips Jualan di TikTok Shop, Mudah Dilakukan Nih!
Cobalah untuk tidak sekedar promosi, melainkan memperlihatkan bahwa bisnis yang sedang dikelola bisa membantu memecahkan masalah calon konsumen. Maka dengan demikian, konsumen mereka membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan.
2. Konten katalog produk
Selain fokus ke konten launching, jika memiliki banyak koleksi produk, mengapa tak dibuat konten sekalian untuk menambah pilihan bagi calon konsumen.
Baca juga: Mengenal TikTok Shop Beserta Keunggulannya untuk Bisnis!
Misalnya SobatIAM punya bisnis fashion, cobalah buat konten video transisi yang memperlihatkan pergantian baju di setiap gerakannya.
Tambahkan juga musik yang sedang viral dan ketukannya sama dengan gerakan. Tak sedikit brand yang menggunakan konten ini untuk daya tarik calon konsumen.
3. Konten A Day in My Life
Konten selanjutnya yang bikin kita betah nonton yakni konten A Day in My Life, konten ini memang unik karena memperlihatkan keseharian seseorang, baik ketika bekerja atau aktivitas lain. Tentu konten ini bisa juga diterapkan di bisnis SobatIAM lho!
Baca juga: Pemilik Usaha Harus Tahu, Mari Mengenal Fitur-Fitur yang Ada Pada TikTok for Business
Misalnya saja rekan brand membuat konten A Day in My Life as Host TikTok sebuah brand, isi konten tersebut bisa berisi perjalanan seorang dari bangun tidur, berangkat kerja hingga memandu sebuah live streaming di TikTok.
Hal tersebut bisa membuat calon konsumen lebih mengerti apa yang host tersebut lakukan dan tentu membuat mereka jadi lebih dekat.
4. Konten proses packaging
Saat ini, mempromosikan produk bukan hanya mempertimbangkan produk saja sebagai acuannya, melainkan ada sisi menarik yang bisa di explore, contohnya dari packaging yang bisa menjadi daya tarik.
Bila SobatIAM memiliki bisnis pakaian wanita, cobalah untuk menarik perhatian dengan packaging yang lucu dan tunjukkan bagaimana prosesnya.
Tunjukkan juga saat mengisi pakaian tersebut ke dalam dus, memasukkan kartu ucapan terima kasih, diberi pita dan yang tak kalah penting adalah memperlihatkan barisan paket yang siap di kirim.
Hal ini bisa memberikan kepuasan kepada konsumen karena mereka tahu memperlakukan produk pesanan seperti apa, sehingga bisa menambah kepercayaan.
5. Konten tutorial atau mix and match
Demi menambah kesan unik dan berbeda, rekan brand bisa membuat konten yang memperlihatkan bagaimana menggunakan produk yang tengah dipromosikan.
Bisa juga tambahkan dengan konten mix and match jika bisnis yang dimiliki bergerak di industri fashion. Melalui konten informatif ini, bisa menambah wawasan calon konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Konten tutorial dan mix and match ini juga bisa menjadi tujuan dalam menginformasikan bagaimana menggunakan produk dengan berbeda namun tetap menarik.
6. Konten cerita soal bisnis yang dibangun
Biasanya, orang akan tertarik dengan cerita mengharukan dan penuh perjuangan. Nah, untuk bisnis, bisa juga lho digunakan supaya menarik penonton agar tidak bosan.
Ceritakan awal mula membangun bisnis yang sudah dikelola, alasan mengapa memutuskan membangun bisnis dan memilih produk atau jasa yang dijadikan ladang bisnis.
Dengan berbagi cerita, konsumen akan semakin dekat dan membangun interaksi. Jadi, konten cerita ini bisa dibangun dari sekarang.
7. Konten ucapan terima kasih
Terakhir, ada konten TikTok yang khusus untuk mengucapkan terima kasih kepada konsumen setia. Melalui konten ini, mereka akan merasa dihargai dan tentunya bisa meningkatkan loyalitas kepada bisnis yang dikelola.
Sebagai bentuk syukur dan terima kasih, boleh dong SobatIAM menyisipkan kode promosi tertentu sebagai reward bagi para konsumen setia.
Momen ucapan terima kasih ini bisa dilakukan saat hari jadi bisnis atau penjualan yang terus meningkat hingga berminggu-minggu.
Itu tadi beberapa ide konten di TikTok untuk bisnis yang bisa dilakukan. Jangan ragu untuk eksplorasi diri mengenai konten yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan ya. Semoga dapat membantu!
Comments
No Comment yet