Rebranding: Pengertian, Alasan Penting dan Contoh Penerapannya
(Freepik/rawpixel-com)
Setiap pemilik bisnis pastinya ingin brand miliknya dikenal sampai kapanpun, tentu syarat agar tetap bertahan adalah dengan terus menjaga tren positif.
Namun beberapa brand malahan melakukan rebranding agar menarik minat lebih orang-orang dan masih tetap menggunakan produk yang dimiliki nih.
Jika belum tahu apa itu rebranding, yuk simak bersama informasi yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini!
Apa itu Rebranding?
Secara sederhana, rebranding adalah sebuah proses yang di mana untuk mengubah citra perusahaan melalui strategi pemasaran dengan berbagai cara.
Cara yang biasa dilakukan bisa dengan memberikan nama baru, simbol baru yang lebih upgrade, perubahan desain merek dan lain sebagainya.
Baca juga: Mengenal Apa itu Call to Action, Manfaat dan Jenisnya yang Bisa Diterapkan!
Sehingga, brand tersebut bisa menciptakan identitas berbeda agar tetap mengikuti tren pasar yang sedang berkembang saat ini, atau mengikuti zaman.
Mengapa Rebranding Menjadi Penting?
Alasan pelaku usaha rebranding biasanya karena berhubungan dengan pelanggan. Rebranding juga memiliki dua jenis, yakni proaktif dan reaktif.
Rebranding proaktif ketika sebuah perusahaan menyadari peluang untuk berinovasi, tumbuh dan memasuki bisnis baru yang terhubung dengan pelanggan.
Baca juga: Mengenal Apa itu Customer Journey Beserta Manfaatnya!
Sedangkan rebranding reaktif adalah situasi brand sudah tidak bisa diubah atau dilanjutkan, karena tindakan akuisisi dan merger, terjadilan publisitas negative, masalah hukum atau kejadian lain yang menjatuhkan pasar bisnis yang dimiliki.
Tentu saja, branding ini jadi salah satu aset terpenting dari sebuah perusahaan, divisi Humas lah yang akan berperan dalam usaha membangun serta mempertahankan reputasi baik dari citra brand melalui komunikasi yang bermanfaat antara konsumen dan perusahaan.
Contoh dari Penerapan Rebranding
Jika SobatIAM ingin mengetahui contoh penerapan rebranding ini, salah satu contoh yang bisa kita pahami yakni rebranding sebuah stasiun televisi nasional, yakni TVRI.
Perusahaan tersebut melakukan rebranding dengan mengganti logo baru yang lebih segar untuk menunjukkan bahwa TVRI sedang bertransformasi.
Hal ini merupakan bagian dari strategi bisnis suatu perusahaan. Tujuannya untuk mendorong bisnis supaya lebih berkembang.
Hal ini disusul juga dengan program acara di TVRI yang segar dan tidak selalu soal berita. Seperti memiliki hak siar Liga Inggris.
Nah, itu tadi beberapa hal penting terkait rebranding. Jika rekan bisnis berencana mengubah identitas lebih baik tentu akan menjadi lebih menarik nih, namun pertahankan identitas yang dimiliki dan terus berinovasi untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Comments
No Comment yet