Prediksi TikTok Tren Tahun 2023 yang Berpengaruh pada Bisnis
(Usplash/Franck)
Semua sepakat
bahwa platform TikTok adalah platform yang cepat pertumbuhannya. Baik
segi pengguna atau keterlibatannya di dalam promosi sebuah produk.
Aplikasi yang
sangat digandrungi oleh anak muda ini kian terus tumbuh setiap tahun untuk
memanjakan penggunanya lewat fitur andalan.
Nah, bagaimana keberlangsungan aplikasi TikTok di tahun 2023 ini? Simak beberapa ulasan singkatnya yang sudah iam.id rangkum seperti dilansir dari Grin.
1. Semakin memperluas menjadi search engine
Saat ini, banyak yang menempatkan TikTok sebagai mesin pencari. Menurut laporan dari NBC News, 40% Gen Z menggunakan TikTok untuk mencari sesuatu layaknya Google.
Baca juga: Rekan Brand Gak Perlu Pusing, Ini Dia 7 Ide Konten di TikTok untuk Bisnis
Tahun ini, TikTok akan meluncurkan beberapa pembaharuan untuk membuat pencarian di platform tersebut menjadi lebih mudah. Saat ini sudah dibuktikan dengan memunculkan kata kunci di kolom komentar sebuah video TikTok.
Dengan adanya pembaharuan yang lebih potensial lagi nih, riset kata kunci tersebut dalam membantu pengguna baru untuk menemukan bisnis yang SobatIAM jalani.
2. Mengutamakan konten lokal
Selanjutnya, tren yang mungkin akan berkembang yakni menyuguhkan kemampuan pencarian dengan konten yang terdekat. Pengguna TikTok akan lebih banyak melihat konten kreator dan bisnis di area mereka atau yang terdekat di Asia Tenggara.
Baca juga: Bisa Dipelajari, Berikut 5 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Influencer
Tentu, fitur ini akan membantu para usaha kecil. Baik bagi kreator pun akan lebih banyak dilihat dan ditonton jika mengunggah acara lokal, toko terdekat, restoran dan lainnya.
3. Sulitnya kreator mencapai 1 juta followers
Banyak kreator yang bisa terkenal bahkan mencapai 1 juta followers karena TikTok. Nah, peningkatan pengguna ini memberi peluang lebih baik untuk menjadi viral ketimbang platform lainnya, misalnya Instagram.
Baca juga: Jenis TikTok Ads yang Bisa Mendukung Campaign Rekan Brand
Pada tahun ini, pembuat konten mungkin harus melakukan metode lain nih untuk meningkatkan jumlah pengikutnya secara signifikan, karena TikTok lama kelamaan semakin jenuh, maka akan lebih sulit menjangkau jutaan followers.
4. Tahun 2023 panggungnya para micro influencer
Di TikTok, kreator kecil sama kuatnya dengan mega influencer sekalipun, keduanya memiliki pengaruh yang sama. TikTok selalu membantu para kreator kecil untuk menonjol juga.
Tahun ini, influencer nano dan mikro akan mendapatkan lebih banyak kemitraan bermerek, muncul lebih banyak di FYP dan membuat gebrakan besar lainnya.
Baca juga: Suka di Dunia Kecantikan, Berikut Tips Menjadi Beauty Influencer Bagi Pemula
Orang-orang saat ini ingin melihat kreator mikro yang membumi lewat postingannya, dan juga relevan, itu artinya akan mendorong para influencer nano dan micro untuk terus tumbuh.
Nah, itu tadi beberapa tren yang akan bergulir sepanjang tahun 2023 dari platform TikTok. Tentu ini merupakan kabar baik bagi para influencer, karena mereka memiliki panggung yang besar di aplikasi raksasa pujaan orang banyak.
Comments
No Comment yet