Penting Bagi Bisnis! Ini 3 Cara Mudah Mengukur Brand Awareness
Brand awareness merupakan salah satu yang terpenting dalam dunia bisnis. Menilai tingkat brand awareness mampu memberikan pemahaman yang mendalam tentang sejauh mana pengetahuan mengenai sebuah brand tersebar luas di kalangan calon konsumen. Jadi, perlu bagi brand untuk mengetahui cara mengukur brand awareness agar dapat mengetahui efektivitas pemasaran yang telah dilakukan.
(sumber: pexels)
Bagaimana cara mengukur brand awareness?
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengukur tingkat kesadaran brand seperti yang telah dirangkum IAM.id berikut ini
1. Mengadakan survey
Survey merupakan alat ukur yang digunakan secara langsung dengan mengajukan pertanyaan kepada audiens mengenai seberapa jauh pengetahuan audiens terkait sebuah brand.
Setelah merancang pertanyaan- pertanyaan yg relevan, brand juga harus dapat memilih metode survey terbaik apa yang akan digunakan, apakah dengan survey online, wawancara via telepon, atau wawancara tatap muka.
2. Lihat pertumbuhan traffic website
Traffic website juga dapat menjadi alat untuk mengukur brand awareness. Selain itu, jumlah kunjungan website dapat memberikan informasi mengenai seberapa efektif kampanye pemasaran sebuah brand dalam menarik audiens dan meningkatkan brand awareness.
Baca juga: Kenali Pentingnya Jasa Manajemen Media Sosial untuk Bisnis
3. Ukur tingkat engagement media sosial
Di era ini, tokoh utama dari pengembangan brand awareness adalah media sosial, maka penting bagi bisnis untuk memahami bagaimana menilai brand awareness yang didapat dari engagement media sosial.
Cara mengukur brand awareness di media sosial adalah dengan menganalisis jumlah follower, tingkat interaksi atau insight, dan sentimen publik terhadap sebuah brand.
Jadi, itu dia 3 cara mudah mengukur brand awareness. Dengan adanya pemahaman mengenai level dari brand awareness, menjadikan sebuah bisnis dapat menilai seberapa efektif sebuah metode pemasaran yang telah dijalankan. Selain itu, bisnis juga dapat menilai kekuatan dan kelemahan dari metode- metode tersebut sehingga dapat menentukan langkah terbaik ke depan untuk mencapai target yang diinginkan.
Jangan lupa agar selalu update, baca terus informasi terbaru di kumpulan artikel lainnya di sini ya!
Sumber:
Comments
No Comment yet