Pengen Endorse dan Paid Promote Influencer Tapi Budget Minim, Begini Cara Mengaturnya!
(Freepik/tirachardz)
Kegalauan bagi para pelaku bisnis baru atau pemilik brand agar produknya dikenal luas yakni kurang budget untuk endorse influencer.
Padahal, endorse influencer ini bisa kita kelola dengan baik lho, apalagi ada influencer jenis nano yang tidak perlu dibayar pake uang, namun barter dengan produk saja.
Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa SobatIAM lakukan untuk mengakali budget endorse atau paid promote minim namun tetap bisa endorse. IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini.
1. Siapkan dana yang cukup
Jika SobatIAM ingin mempromosikan produk dengan cepat dan luas, menggunakan ads menjadi solusinya. Namun, ads ini harganya terbilang mahal lho, maka sebagai alternatif yakni dengan menggunakan influencer untuk paid promote.
Nah, untuk melakukan paid promote atau endorse, sesuaikan budget yang ada dengan memilih kategori yang sesuai.
Baca juga: 5 Cara Agar Konten Instagram Influencer dan Brand Lebih Optimal
Biasanya kategori nano dan micro tarif yang mereka tawarkan akan lebih terjangkau, ketimbang langsung berkolaborasi dengan macro dan mega.
2. Tentukan siapa target audiens yang ingin disasar
Karena budget minim, tentu kita tidak bisa menargetkan seluruh masyarakat Indonesia untuk produk yang dimiliki. Alangkah baiknya untuk spesifik menentukan target audiens.
Misalnya SobatIAM punya budget minim, mulai lah dengan menargetkan satu lokasi saja. Setelah itu, tinggal pilih siapa influencer yang punya target audiens di kota tersebut.
Baca juga: Mengenal Instagram Bisnis Beserta Kelebihannya untuk Akun Brand
Cara ini bisa efektif jika ingin endorse atau paid promote karena kita punya latar belakang yang sama dengan influencer dan menentukan target audiens dalam ruang lingkup yang lebih kecil.
3. Pastikan stok produk kita cukup
Biasanya, endorse oleh influencer akan berpengaruh secara signifikan. Setelah itu, target audiens yang tadi disasar mungkin akan tertarik untuk membeli produk.
Baca juga: Sering Lupa Upload, Berikut Cara Menjadwalkan Postingan di Instagram
Demi mengantisipasi membludaknya pemesanan, cobalah untuk memastikan stok tersedia. Hal ini disebabkan karena para konsumen ini mau produk yang benar-benar sama seperti yang digunakan idolanya tadi.
4. Catat penjualan secara baik
Nah, tahap akhir yang bisa dilakukan yakni dengan mencatat segala penjualan yang sudah dihasilkan pada laporan keuangan ya.
Ketika sudah membuat catatan hasil penjualan ini, kita bisa tahu keuntungan yang diperoleh sekaligus mengatur budget supaya tidak melebihi dari pemasukan.
Baca juga: Bikin Orang Checkout, Berikut Strategi Influencer Mempromosikan TikTok Affiliate
Walaupun memang segi selling tidak tinggi, setidaknya dengan endorse influencer ini akan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap brand kita.
Nah, punya budget pas-pasan pun tidak jadi masalah bukan jika berencana untuk endorse influencer? karena kita tinggal menentukan prioritas sesuai budget, dan menyesuaikan dengan apa yang ingin kita capai dari tujuan endorse ini.
Comments
No Comment yet