Mengenal Pentingnya Audience Persona Alignment di Media Sosial
Audience Persona Alignment secara harfiah artinya penyelarasan persona penonton atau dalam konteks konten digital berarti pengguna media sosial. Dilansir dari Medium, penyelarasan persona merupakan hipotesis tentang untuk siapa sebuah brand membuat produk, dan apa yang diinginkan serta dibutuhkan orang- orang tersebut dalam istilah mereka sendiri.
Sumber: Remy Baudouin/ Unsplash
Alignment persona pengguna di media sosial sangat penting untuk kesuksesan kampanye pemasaran digital. Bukan hanya untuk brand, tapi juga untuk influencer dan pembuat konten lainnya. Sayangnya, bukan hal mudah untuk bisa menyelaraskan persona pengguna karena diperlukan riset, segmentasi, dan langkah- langkah detail yang tepat.
Baca juga: 5 Perubahan Mindset yang Diperlukan Untuk Membangun Personal Branding
Nah, langkah yang dapat diambil untuk mencapai audience persona alignment ini dapat melibatkan beberapa hal berikut:
1. Penelitian Mendalam
Pahami dengan baik siapa target audiens dengan melakukan riset yang mendalam untuk mengetahui preferensi, kebiasaan, dan nilai- nilai yang mereka anut.
2. Segmentasi yang Tepat
Bagi audiens ke dalam beberapa segmen yang lebih kecil dan spesifik untuk dapat menyajikan konten yang lebih relevan, menarik, dan berkualitas.
3. Gunakan Data Analitik
Manfaatkan data analitik bawaan dari platform media sosial untuk memahami perilaku dan interaksi audiens. Ini dapat membantu mengidentifikasi trend dan memperbaiki strategi pemasaran agar lebih efektif.
4. Konten yang Relevan
Buatlah konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens. Pastikan konten memberikan nilai tambah atau konten yang bisa memberikan solusi dari segala permasalahan yang dialami audiens.
Baca juga: Pahami 7 Teknik Optimasi Media Sosial Untuk Brand dan Influencer Pemula
5. Komunikasi Personal
Gunakan nada dan gaya komunikasi yang sesuai dengan audiens target untuk menciptakan koneksi yang lebih kuat dan memperkuat hubungan antara merk dan konsumen.
6. Responsif
Tanggapi pesan dan komentar dari audiens dengan cepat dan tepat dapat membantu menyesuaikan strategi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.
7. Targeting Ads yang Tepat
Manfaatkan fitur iklan bertarget di platform media sosial untuk mengarahkan konten promosi kepada audiens yang paling relevan.
Jadi, itu dia beberapa langkah yang bisa diambil untuk mencapai alignment persona pengguna di media sosial. Dengan melakukan langkah- langkah tersebut, baik brand maupun influencer serta content creator dapat menciptakan keberlanjutan antara personal audiens dan strategi pemasaran di media sosial, serta yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan memiliki dampak yang lebih besar dan lebih efektif.
Baca juga: Konsistensi Ngonten di Media Sosial: Definisi dan Fakta Sebenarnya
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Social Media Management di sini ya!
Sumber: