Mengenal Pemasaran Online Beserta Manfaatnya untuk Brand
(Freepik/rawpixel.com)
Bagi rekan brand yang terjun ke dunia bisnis, memasarkan produk tentu menjadi tujuan utama agar semakin dikenal dan menambah pendapatan. Apalagi, di era sekarang semua orang menggunakan media sosial, dan ini bisa jadi peluang dalam pemasaran.
Jika strategi pemasaran hanya berkutat di channel yang konvensional saja seperti koran atau cetak lainnya, tentu bisnis yang dibangun akan ketinggalan nih dengan kompetitor, maka dari itu, perlu merambah medium yang lebih luas, yakni secara online.
Nah, jika SobatIAM belum tahu nih manfaatnya memasarkan produk lewat online, berikut iam.id akan merangkum definisi dan manfaat pemasaran online.
1. Apa itu pemasaran online?
Pemasaran online adalah bentuk mempromosikan sebuah produk yang menggunakan platform online yang bisa diakses melalui internet.
Baca juga: Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Tujuan dan Manfaatnya untuk Bisnis!
Sebagai contoh mempromosikan produk di media sosial seperti Instagram, Facebook atau melalui website, iklan online atau ads atau via marketplace.
Maka dari itu, karena pengguna internet di seluruh dunia melebihi 3 miliar orang, maka tak heran kalau pelaku usaha berbondong-bondong dalam memakai pemasaran online ini. Apalagi budget iklan online selalu naik tiap tahunnya.
2. Manfaat pemasaran online
Ada banyak cara pelaku brand agar produknya dikenal nih, dan salah satunya melalui online ini. Maka dari itu, SobatIAM jangan ragu buat memasarkan via online karena akan menemukan banyak manfaatnya.
Baca juga: Apa Itu Brand Awareness, dan Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha
Melalui online, orang bisa mencari tahu tentang produk yang mereka inginkan, dan juga akan menjangkau konsumen lebih banyak. Berbeda jika menggunakan brosur yang disebar untuk ditempel di lokasi tertentu, akan lebih efektif melalui online bukan?
Selain itu, melalui pemasaran online juga, akan menyasar audiens yang lebih spesifik. Misalnya melalui ads, kita bisa mengatur supaya iklan ditampilkan ke target audiens yang mana untuk disasar.
Baca juga: 5 Tips Membangun Brand Awarenss untuk Pelaku Bisnis
Misalnya memiliki brand baju wanita, nah dengan mengatur iklan online, bisa menargetkan audiens perempuan, usianya mau berapa, lokasi dan iklan tersebut akan muncul di perangkat apa saja.
3. Gunakan analytics tool yang pemasaran online
Nah, setelah mengetahui apa itu pemasaran online beserta manfaatnya, bagi para rekan brand yang ingin mempromosikan produknya dan agar lebih terukur melihat performanya bisa menggunakan analytics tool nih. Apalagi, banyak juga rekan brand yang menjalin kerja sama dengan influencer untuk promosi sebuah produk.
Baca juga: Kenali 5 Manfaat Content Marketing untuk Kebutuhan Bisnis
IAM.id yang merupakan platform influencer menyediakan layanan untuk mempromosikan sekaligus mengukur sejauh mana performa campaign yang dijalankan. Melalui layanan IAM.id, rekan brand bisa mendapatkan laporan performa dari campaign yang dijalankan oleh influencer.
Nah, melalui metrik performa yang jelas, rekan brand bisa tahu nih campaign atau pemasaran yang dilakukan berhasil atau tidak. Dan hal yang lebih penting lagi setelah menjalani itu bisa tahu di mana letak salahnya dan bisa jadi evaluasi di kemudian hari.
Bagaimana nih SobatIAM sudah tahu kan bahwa potensi memasarkan produk via online akan sangat work dan berpengaruh. Jika ingin mempromosikan produk sehingga bisa menyasar target audiens yang sesuai, gunakan analytics tool seperti IAM.id agar mudah dan bisa mengukur efektivitasnya.
Comments
No Comment yet