Mengenal Brand Evangelist dan Mengapa Sangat Penting untuk Keperluan Bisnis
(Freepik/pressfoto)
Semua pemilik brand pasti sudah tahu dong kalau word of mouth adalah strategi yang tepat untuk menggaet orang lain agar mau menggunakan produk kita.
Namun, ada juga lho teknik yang satu level di atas word of mouth, yakni brand evangelist, secara garis besar yaitu pelanggan yang sangat mencintai sebuah brand dan ikut mengajak orang untuk menggunakannya.
Nah, jika ingin tahu lebih banyak, simak beberapa informasi yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini yuk!
Pengertian Brand Evangelist
Dikutip dari Active Campaign, brand evangelist adalah seorang pelanggan yang sangat mencintai suatu brand sehingga mereka terus mempromosikan kepada orang lain.
Caranya mereka sering mempromosikan produk melalui akun media sosial, pasalnya ketika seseorang melihat orang lain menggunakan suatu produk dan terbukti kualitasnya, keinginan untuk membeli akan makin besar.
Kualitas produk akan dibuktikan berdasarkan pengalaman pengguna, bukan sekedar iklan saja.
Baca juga: Biar Tidak Bingung, Mari Mengenal Perbedaan Video Reels Instagram dan IGTV
Mungkin SobatIAM juga pernah melakukan, seperti kamu menyukai salah satu brand makanan, lalu mengunggah ke media sosial dan memberi ulasan, secara tidak langsung akan memicu penasaran orang.
Contoh lainnya jika kamu lihat konten TikTok dari pengguna iPhone, kamu tertarik karena kualitas video dan gambar yang stabil dan jernih. Lalu, kamu muncul keinginan untuk membeli iPhone.
Seberapa Penting Strategi ini Bagi Bisnis?
Strategi ini penting karena biasanya customer membeli produk tertentu dari brand yang mereka kagumi dan memiliki kualitas yang mewakili keinginan mereka.
Sebagai contoh brand Apple yang dikenal mewah dan prestise, banyak orang yang memiliki iPhone mereka image dan prestise dirinya akan ikut naik seiring tingginya kesan mewah dari iPhone.
Selain bisa meningkatkan loyalitas seseorang, strategi ini juga melatih pemilik brand untuk mengasah nilai-nilai atau value dari sebuah brand, sehingga membuat target audiens lebih tertarik.
Ternyata strategi brand evangelist sangat efektif dilakukan nih sehingga bisa mendatangkan pelanggan yang loyal kepada brand kita. Cobalah untuk asah kreativitas dan value dari brand kamu ya!
Comments
No Comment yet