Mengenal Apa itu Copywriting, dan Manfaatnya untuk Sebuah Brand
(Freepik/cookie-studio)
Setiap brand yang ingin dikenal, pastinya akan merencanakan strategi apa yang cocok digunakan agar orang-orang tahu dengan produk kita.
Dari semua strategi pemasaran, menarik calon pembeli dengan jargon, atau kalimat sederhana yang mengajak orang pakai produk kita ternyata sangat berpengaruh juga lho,itulah yang dinamakan copywriting.
Sebetulnya apa sih manfaatnya untuk sebuah brand? Berikut iam.id akan merangkum beberapa informasinya di bawah ini. Simak sampai habis ya.
Apa itu Copywriting?
Seperti dilansir dari American Writers and Artist Institute, copywriting adalah proses dalam penulisan materi untuk promosi dan pemasaran yang persuasif atau mengajak orang-orang, sehingga membuat para calon pembeli termotivasi untuk melakukan tindakan.
Nah, jika dikaitkan dengan produk, pastinya tujuannya untuk pembelian. Media yang digunakan untuk menggaet calon pembeli yakni dengan menggunakan tulisan, media audio, gambar, video dan media promosi lainnya.
Baca juga: Bisa Meyakinkan Pelanggan, Simak Beberapa Manfaat dari Product Knowledge
Secara sederhana memang copywriting ini fungsinya untuk membujuk orang agar mau menuruti kemauan kita, bisa melakukan pembelian, subscribe, donasi dan lain-lain sesuai objektif yang akan dicapai.
Apa Manfaat Copywriting bagi Sebuah Brand?
Karena persaingan yang ketat di industri digital, hampir semua brand tentunya menggunakan copywriting sebagai senjata mereka untuk mau ‘nurut’ nih.
Baca juga: Pasti Akan Terus Diingat, Kenali dan Manfaat dari Brand Identity
Apalagi menulisnya pun tidak mudah, penulisan copy tersebut harus dilakukan secara matang, menguras otak dan melakukan proses yang panjang serta matang lho.
Copywriting ini dapat membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih unik ketimbang yang lain, pasalnya berkat copywriting ini, sebuah produk bisa menonjolkan karakteristiknya atau keunggulan utama ketimbang produk kompetitor.
Baca juga: Kenali 4 Cara Mudah Influencer dapat Uang Tambahan Lewat TikTok
Biasanya, penggunaan slogan atau tagline unik ini di sebuah iklan akan lebih mudah menarik perhatian calon pembeli ini.
Selain bisa menggaet dengan tagline unik, copywriting juga bisa meningkatkan interaksi dengan calon pembeli.
Adanya copywriting bisa menjelaskan suatu produk dengan baik, menghasilkan konten yang informatif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari juga.
Baca juga: 4 Alasan Mengapa Jangan Membeli Followers untuk Akun Brand
Jika penggunaan platform nya tepat, maka akan mendatangkan interaksi yang signifikan di media sosial. Tentunya ini akan berguna untuk meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap brand yang sedang dibangun.
Maka dari itu, perlu untuk terus menggali keunggulan serta menyelesaikan masalah dari calon pelanggan, agar produk kita dianggap kebutuhan dan bisa meningkatkan loyalitas.
Comments
No Comment yet