Mengenal Apa Itu Viral Marketing Beserta Contohnya!
(Freepik/rawpixel-com)
Semua orang bisa membuat konten, namun apakah semua bisa viral? Tentu tidak, namun SobatIAM bisa memainkan sisi viral ini untuk menjadi daya tarik brand kamu lho.
Banyak yang mungkin sudah melakukannya, dan viral marketing ini terkadang menjadi buah bibir di media sosial.
Sebetulnya, apa itu viral marketing, dan seperti apa contoh yang pernah dilakukan? Berikut IAM.ID akan merangkumnya di bawah ini.
Definisi Viral Marketing
Viral marketing adalah strategi yang mengandalkan usaha audiens untuk menyebarkan konten atau iklan kita ke orang lain.
Mengapa bisa jadi viral? Karena konten yang dibuat sangat menarik dan memicu reaksi dan emosi siapapun yang melihatnya, dengan begitu konten jadi mudah tersebar dalam waktu singkat.
Strategi viral marketing ini sama dengan word of mouth, karena keduanya memiliki karakteristik yang efektif dalam menunjang brand awareness dan sales suatu produk nih.
Contoh yang Pernah Dilakukan Terkait Viral Marketing
Nah, biar SobatIAM membayangkan seperti apa sih viral marketing ini, mungkin kamu sudah tidak asing dengan Go-Jek, pada tahun 2021, iklan mereka pernah viral lho. Masih ingat?
Yup, Go-Jek lewat GoSend nya ramai diperbincangkan karena menggandeng Ariel NOAH yang banyak orang-orang menyukainya.
Baca juga: 4 Tips Ciptakan Call to Action yang Menarik untuk Konten Media Sosial
Iklan ini memperlihatkan candaan garing yang dilontarkan oleh Ariel, dan dengan cermat GoSend mengangkat konsep kiat menjadi penjual best seller di marketplace.
Berkat keunikan dan reaksi orang-orang, iklan ini viral di Twitter hingga Instagram. Karena sosok Ariel yang cool terlihat lebih beda di iklan tersebut.
Sepertinya SobatIAM sudah paham nih bahwa viral marketing ini menjadi hal penting, namun kebanyakan viral marketing dibuat oleh brand besar, jika kamu brand kecil dan ingin mencobanya, perlu memiliki konten yang unik dan sangat menarik biar jadi perbincangan orang-orang.
Comments
No Comment yet