Mengenal Apa Itu Storyboard Beserta Manfaatnya!
(Freepik)
Serangkaian aktivitas marketing memang perlu dilakukan untuk menarik minat calon pembeli atau target audiens, dan salah satunya dengan video marketing.
Apalagi, video menjadi elemen penting dalam penyampaian pesan sebuah brand atau campaign. Biasanya, mereka akan membuat sebuah storyboard untuk menuangkan setiap ide yang berkesan.
Jika rekan brand belum tahu apa itu storyboard, yuk simak informasi yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini!
Apa itu Storyboard?
Secara sederhana, storyboard adalah outline visual atau gambaran untuk membuat sebuah video, baik itu film atau video marketing lainnya.
Gambaran visual ini nantinya akan mempermudah proses produksi, khususnya pengambilan gambar video, maka outline visual ini harus berisi setiap adegan.
Setiap adegan dari awal hingga akhir video ini harus dilengkapi beberapa catatan penting, misalnya ada dialog, transisi scene, angle kamera, lighting, dan masih banyak lagi.
Baca juga: Mengenal Apa itu Customer Journey Beserta Manfaatnya!
Tentunya hal ini dilakukan untuk memudahkan pekerjaan talent, cameramen, editor dan tim produksi lainnya.
Karena prosesnya mungkin bisa disebut mirip komik nih, karena setiap lembarnya berisi adegan, ekspresi dan dialog.
Manfaat dari Storyboard
Demi membuat video marketing, tentu peran storyboard sangat krusial dan bermanfaat. Berikut ini beberapa manfaat dari adanya storyboard.
1. Membuat Alur Cerita
Ketika membuat sebuah film atau video marketing, tentu harus memikirkan seperti alur cerita dan konsep lainnya supaya pesan atau tujuan bisa tepat sasaran.
Di dalam storyboard ini bisa menuangkan ide seputar alur cerita dan pesan secara visual. Misalnya di scene 1 menampilkan seorang talent lagi berjalan, posisi kamera berada di bawah dan lain sebagainya.
2. Bisa Memiliki Bayangan yang Sama untuk Semua Tim
Adanya storyboard juga bisa mempermudah para tim produksi memiliki bayangan adegan atau ide yang sama saat pembuatan video.
Baca juga: Kenali 5 Proses Customer Journey yang Perlu Dipahami Rekan Brand
Jika tidak ada storyboard, dikhawatirkan setiap orang merepresentasikan pesan yang ingin disampaikan secara masing-masing, dan tujuan pun tidak akan tercapai karena punya gambaran berbeda.
3. Bisa Menyederhanakan Proses Produksi
Manfaat terakhir dari adanya storyboard ini bisa menyederhanakan proses produksi. Ketika menggarap sebuah video, pastinya akan menghadapi kendala.
Kendala yang sering terjadi adalah durasi setiap adegan. Sehingga jika durasi panjang bisa diakali dengan membagi setiap adegan melalui storyboard ini.
Nah, itu tadi beberapa pengertian dan manfaat dari adanya storyboard, tentu ini menjadi hal penting bagi rekan brand yang ingin memproduksi sebuah video untuk membuat campaign yang ada. Selamat mencoba!
Comments
No Comment yet