Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Tujuan dan Manfaatnya untuk Bisnis!
(Freepik)
Bagi pelaku bisnis, mungkin istilah segmentasi pasar sudah tidak asing lagi, karena sangat penting dalam penentuan suatu pemasaran nih.
Mungkin SobatIAM pernah merasa produk yang dijual kurang diminati pasar, apa jangan-jangan tidak sesuai dengan segmentasi?
Nah, untuk lebih mengenal hal tersebut, berikut iam.id sudah merangkum informasinya di bawah ini!
1. Apa itu segmentasi pasar?
Segmentasi pasar adalah strategi bisnis untuk membagi pasar menjadi beberapa kelompok konsumen, baik berdasarkan kebutuhan mereka, karakteristik bahkan perilaku.
Baca juga: Anti Ribet, Berikut Penjelasan Fitur di Aplikasi IAM.id Bagi Influencer
Tentu, dalam penentuan kelompok itu diperlukan riset dan analisa secara mendalam dulu ya SobatIAM jadi tidak asal nih.
Sebuah bisnis yang dijalankan dan menerapkan segmentasi pasar ini akan lebih fokus mengejar pasar tertentu. Sehingga peluang memenangkan pasar tersebut cukup besar.
2. Manfaat dari segmentasi pasar
Dalam penerapannya, penentuan segmentasi pasar ini erat kaitannya dengan menentukan strategi pemasaran yang lebih terukur.
Baca juga: Cara Rekan Brand Berlangganan Paket Influencer Analytics di IAM.id
Bukan cuma itu saja, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh pelaku bisnis jika sudah menentukan segmentasi pasar nih!
Jika sudah menerapkan segmentasi pasar, manfaat yang akan didapatkan seperti pemasaran akan lebih kuat menarik pelanggan, karena pendekatan yang digunakan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mereka.
Menyusun strategi marketing juga jadi lebih efektif setelah memahami karakteristik dan kebutuhan pelanggan, sehingga bisa mendatangkan banyak pelanggan.
Baca juga: Cara Memonitor Campaign yang Sudah Dilakukan Influencer di IAM.id
Manfaat yang tak kalah penting juga karena bisa meningkatkan branding sebuah bisnis, serta membantu mengembangkan produk yang lebih baik sesuai target pelanggan yang disasar.
3. Tujuan segmentasi pasar
Segala sesuatu mengenai bisnis pasti harus direncanakan dengan baik, tak terkecuali menentukan segmentasi pasar.
Tujuan dari segmentasi pasar ini bisa untuk meningkatkan pelayanan konsumen menjadi lebih baik. Karena perusahaan dapat mengetahui bentuk pelayanan yang akan mereka berikan, sesuai segmentasi yang ada.
Selain itu, perusahaan juga mampu melakukan strategi pemasaran dengan lebih terarah. Karena sudah mengetahui segmentasi pasar mereka dan bisa menentukan harga, pendistribusian hingga promosi yang cocok.
Baca juga: Cara Brand Menyetujui Konten yang Dibuat oleh Influencer di Dashboard IAM.id
Nah, itu tadi beberapa hal mengenai segmentasi pasar yang mesti rekan brand tahu. Dengan mengetahui hal di atas, semoga bisa meningkatkan kualitas dari produk yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan ya!
Comments
No Comment yet