Mengenal 4 Jenis Guerilla Marketing yang Tidak Umum!
(Freepik/mdaff)
Setelah SobatIAM tahu bahwa guerilla marketing adalah teknik yang memberikan efek kejutan kepada audiens, saatnya kamu mesti tahu beberapa jenisnya nih.
Sebelum menerapkannya di bisnis, kamu perlu mengetahui empat jenis dari guerilla marketing yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini!
1. Ambient Marketing
Ambient marketing adalah jenis pertama yang menyematkan pesan yang ditempatkan dekat dengan audiens untuk menarik perhatian orang lewat.
Nah, tempatnya bisa beragam, ada di trotoar, stasiun kereta api, mall, kampus dan lain-lain, biasanya mereka menggunakan media berupa graffiti di tembok bangunan, sticker di tiang dan tempat umum lainnya.
2. Ambush Marketing
Selanjutnya ada ambush marketing, yakni teknik yang dilakukan dengan masuk ke suatu acara yang dihadiri banyak audiens.
Baca juga: 3 Cara Mudah Promosikan Website Toko Online ke Calon Customer
Dengan demikian, kampanye marketing ini bisa langsung menarik perhatian dan lebih mudah menyampaikan pesan promosi produk, misalnya di konser music atau pertandingan olahraga.
3. Stealth Marketing
Teknik stealth marketing adalah teknik yang sembunyi-sembunyi atau samar tidak begitu ditunjukkan nih. Teknik ini biasanya tidak terlalu menonjol atau berbaur dengan elemen umum yang ada.
Sehingga, ketika orang lain ingin melihatnya tentu harus lebih jeli, sehingga bisa paham bahwa itu adalah iklan sebuah produk.
4. Viral Marketing
Terakhir, kamu pasti sudah tidak asing dengan yang namanya viral marketing, yakni teknik atau informasi yang cepat penyebarannya.
Strategi ini memanfaatkan kekuatan media sosial untuk mengajak konsumen dan influencer menyebarkan pesan dari produknya.
Nah, sudah tahu kan jenis-jenis dari guerilla marketing ini, ternyata bisa banyak dieksplorasi para pemilik brand besar untuk menarik perhatian calon pembeli.
Comments
No Comment yet