Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Manajemen Reputasi Online
Dalam lingkungan bisnis yang semakin terhubung secara digital, Online Reputation Management (ORM) bukan lagi pilihan, melainkan strategi krusial untuk membangun keunggulan bersaing. Kepercayaan dan citra positif di dunia maya dapat menjadi asset berharga yang membedakan bisnis atau individu dari pesaing.
(Sumber: Freepik)
Untuk itu, berikut IAM.id rangkum beberapa langkah untuk membangun keunggulan bersaing melalui Online Reputation Management.
1. Identifikasi dan Atur Citra yang Diinginkan
Tentukan citra atau pesan utama yang ingin diproyeksikan dan pastikan pesan tersebut selaras dengan nilai dan visi bisnis atau influencer dan selebgram individu. Selain itu, pastikan bahwa semua aktivitas online sesuai dengan nilai dan misi brand serta hindari konflik antara citra online dan identitas brand yang diinginkan.
Baca juga: Yuk Kenali Pentingnya Online Reputation Mangement dan Langkah yang Bisa Dilakukan
2. Pemantauan Aktivitas Online
Gunakan alat pemantauan reputasi online untuk mengawasi aktivitas yang berkaitan dengan nama merek atau brand, dan segera tanggapi perubahan persepsi atau isu yang muncul. Selain itu, tanggapi ulasan pelanggan dengan cepat dan santun serta jadikan umpan balik negative sebagai kesempatan untuk memperbaiki dan memperkuat hubungan.
3. Bangun Konten Positif
Buat konten yang positif, relevan, dan informatif secara teratur serta fokus pada platform online yang paling berdampak pada audiens target. Jadilah aktif di media sosial yang relevan dengan brand, dan gunakan media sosial sebagai alat untuk membangun keterlibatan dan komunikasi positif.
4. Manajemen Krisis
Persiapkan rencana darurat untuk menghadapi situasi krisis dengan cepat tanggap dan transparan saat mengelola isu atau kontroversi
5. Gunakan Testimoni dan Rekomendasi
Manfaatkan testimoni pelanggan dan rekomendasi sebagai bukti kredibilitas, serta bagikan cerita sukses dan pengalaman positif pelanggan.
6. Diferensiasi dari Pesaing
Perlihatkan keunikan dan nilai tambah yang membuat brand berbeda dari pesaing. Jelaskan keunggulan brand secara jelas di platform media sosial.
Baca juga: Mengenal Pentingnya Audience Persona Alignment di Media Sosial
7. Evaluasi dan Perbaikan Secara Terus Menerus
Evaluasi efektivitas strategi ORM secara berkala dan lakukan perbaikan berkelanjutan berdasarkan hasil pemantauan dan umpan balik.
Nah itu dia 7 langkah membangun keunggulan bersaing melalui ORM. Dengan memahami nilai reputasi online dan mengimplementasikan langkah yang tepat, sebuah brand akan dapat membangun daya saing yang lebih kuat di pasar digital yang terus berkembang.
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Social Media Management di sini ya!
Comments
No Comment yet