Kenali Penyebab Mengapa Customer Churn Sebuah Bisnis Tinggi?
(Freepik/jcomp)
Setelah kita tahu bersama, customer churn merupakan istilah penurunan pelanggan, atau kita sebut pelanggan yang kabur dari bisnis kita nih.
Tentunya SobatIAM yang pemilik bisnis ini menjadi malapetaka, karena punya pelanggan setia dan mempertahankannya akan berdampak besar pada bisnis lho.
Nah, sebetulnya apa sih penyebab customer churn ini tinggi di sebuah bisnis? Cari tahu jawabannya yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini yuk.
1. Pengalaman Pengguna yang Buruk
Penyebab pertama pelanggan pergi dan tidak membeli produk kita lagi adalah mereka sudah pernah mengalami pengalaman yang buruk terkait brand kita.
Analogi sederhananya jika pengalaman yang dirasakan baik, maka akan membuat pelanggan menjadi loyal dan ikut mempromosikan brand tersebut. Jika sebaliknya, mereka akan berpindah ke lain hati nih.
2. Kualitas Produk dan Harga yang Tidak Sesuai
Selain pengalaman, faktor harga dan kualitas produk juga sangat berpengaruh nih biar pelanggan bertahan dengan produk kita.
Baca juga: 4 Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Endorse ke Influencer
Produk yang berkualitas dan harga yang rasional akan lebih mudah membuat pelanggan bertahan dari pada harga produk standar dan kualitas buruk.
3. Adaptasi Pasar dan Produk
Nah, selanjutnya faktor penyebab pelanggan pergi dari produk atau brand SobatIAM adalah adaptasi pasar dan produk yang dimiliki.
Jika produk atau layanan buru-buru masuk pasar tanpa melakukan riset, hasilnya akan tidak maksimal. Maka dari itu, penting sekali untuk menyesuaikan strategi penjualan yang dibutuhkan target market ya.
Nah, itu tadi beberapa penyebab customer churn yang tinggi dialami oleh pemilik usaha. Semoga artikel di atas membantu kamu untuk terus mempertahankan pelanggan setia ya!
Comments
No Comment yet