Kenali 5 Tren Marketing yang Akan Happening Tahun 2023
(Freepik/rawpixel.com)
Tahun sudah berganti, itu artinya banyak hal baru dan mengejutkan yang akan kita hadapi pada tahun ini, termasuk tren yang akan bergulir nih SobatIAM!
Bagi seorang influencer atau pemilik usaha, tentu perlu mengetahui tren marketing yang akan terjadi di tahun ini, kira-kira ada apa saja ya?
Berikut iam.id rangkum beberapa informasinya di bawah ini. Semoga dapat membantu ya!
1. Banyak video singkat dan live streaming
Konten berbasis video sudah terbukti sangat digemari orang-orang tahun 2022, tak terkecuali di tahun ini, akan banyak konten based video yang akan menjamur nih.
Hal itu dibuktikan menurut data dari HubSpot, bahwa 90% pelaku bisnis akan menggunakan video berdurasi pendek yang akan meningkatkan dan mempertahankan investasi pada tahun depan.
Baca juga: Sedang Dikembangkan, Berikut 4 Fitur Terbaru Instagram
Apalagi live streaming juga akan terus efektif, karena banyak konsumen yang menghabiskan waktunya menonton streaming melalui perangkatnya.
2. Affiliate marketing kian menjamur
Jika kita melihat konten ulasan produk dari sebuah brand pasti sudah tidak asing bukan. Nah, pada tahun ini, konten buatan pengguna ini akan menjadi favorit nih.
Setiap orang nantinya bisa membuat konten tentang sebuah produk dan membagikan tautan afiliasi untuk menghasilkan komisi yang tidak sedikit lho!
Baca juga: Siap-Siap! Berikut 5 Tren Influencer Marketing yang Perlu Brand Tahu
Konten jenis ini banyak di tahun lalu, karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Di sisi lain, cara ini sangat menguntungkan juga bagi para pemilik brand sehingga produk mereka bisa dipromosikan secara gratis.
3. Media sosial menjadi marketplace baru
Banyak orang yang merasa malas untuk keluar dan berbelanja, inilah yang ditawarkan media sosial, misalnya TikTok dan Instagram untuk menghadirkan fitur marketplace.
Saat ini, pengguna bisa menggunakan media sosial sekaligus berbelanja lho. Tren ini diprediksi akan terus ramai sepanjang tahun ini, sebagai pebisnis tentu peluangini jangan dilewatkan ya!
Baca juga: Bisa Dapetin Cuan, Begini Cara Mudah Gabung Jadi Influencer di IAM.id
Manfaatkan lah media sosial, percantik profil dan konten yang berkaitan dengan produk agar banyak dilirik orang banyak.
4. Konten interaktif lebih disukai
Media sosial memang mengharuskan interaksi yang dua arah, itu sebabnya, para pelanggan ini menginginkan adanya sesuatu yang berbeda, seperti dilibatkan dalam setiap unggahan konten.
Misalnya sebuah brand mengunggah konten yang menghibur sekaligus interaktif, misalnya membuat kuis, giveaway, challenge dan lain sebagainya.
Baca juga: Bisa Upgrade Skill, IAM.id dan Adira Finance Mengadakan Sharing Bersama Victoria Wong
Melalui interaksi, akan terjalin kedekatan dan kepercayaan dari customer untuk terus terlibat dalam pemasaran bisnis. Menarik bukan?
5. Kolaborasi dengan influencer
Salah satu strategi pemasaran terbaik saat ini adalah iklan word of mouth, orang-orang akan mencoba sebuah produk lewat rekomendasi teman terdekat atau orang terkenal.
Nah, disinilah fungsi seorang influencer, tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, membangun kepercayaan, memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan.
IAM.id selaku platform influencer bisa membantu rekan brand yang ingin menyasar target audiens dengan mudah dan terarah. Melalui campaign yang dibuat di platform IAM Influencer, para pelaku bisnis bisa memantau performa konten, keterlibatan influencer dan lain sebagainya sebagai upaya promosi yang efektif.
Nah, sudah tidak ragu bukan menggunakan jasa influencer? Karena tahun ini banyak kejutan lain, jangan kalah ambil start dan mulai promosikan produk atau brand SobatIAM di platform IAM Influencer.
Comments
No Comment yet