Jenis- Jenis Campaign Marketing yang Bisa Rekan Brand Lakukan
(Freepik/rawpixel-com)
Demi dikenal oleh orang banyak, sebuah brand mesti melakukan aktivitas marketing, yang salah satunya dengan membuat campaign agar menarik orang banyak.
Bagi para pelaku bisnis, campaign ini sangat penting, karena bermanfaat untuk peningkatan kesadaran, mendapatkan feedback serta mendongkrak penjualan.
Oleh sebab itu, kenali lebih jauh mengenai jenis-jenis campaign yang bisa dilakukan di bawah ini. Berikut IAM.ID merangkumnya untuk kamu semua!
1. User Generated Content (UGC)
UGC bisa jadi salah satu jenis campaign pemasaran yang efektif. Pasalnya, jenis ini bisa diterapkan pada tulisan, video, foto, review yang dibuat oleh pelanggan saat menggunakan produk dari brand kamu lho.
Tujuan dari campaign ini tak lain untuk mengajak orang-orang menggunakan produk yang SobatIAM miliki lewat media sosial.
Baca juga: Cara Mudah Influencer Menjalankan Campaign di IAM.id
UGC biasanya berupa jingle, tarian untuk diikuti sehingga pesan yang disampaikan sebuah brand akan melekat di orang-orang.
2. Search Engine Optimization (SEO)
SEO lebih menekankan peningkatan traffic website secara organic dan tidak perlu iklan berbayar nih. SEO harus menerapkan sebuah keyword yang sesuai dengan minat pembaca.
Jika ingin menerapkan jenis campaign ini, bisa memilih kata-kata atau kalimat yang dikenal dan mudah dipikirkan orang-orang.
Baca juga: Bisa Bantu Bisnis, Berikut Top 5 Influencer Analytics Tool untuk Marketing Campaign
Walaupun memakan waktu yang lama, campaign jenis ini bisa efektif dan sesuaikan saja dengan tujuan campaign yang ada.
3. Platform Social Media
Segala macam campaign yang dilakukan di media sosial baik itu di Instagram, Twitter, TikTok dan Facebook bisa dimanfaatkan lebih luas untuk brand kita.
Lebih banyak platform yang kita gunakan, maka semakin tinggi juga awareness orang-orang terhadap brand milik kita.
Baca juga: 4 Tips Menolak Halus Tawaran Endorse atau Campaign dari Brand
Apalagi campaign yang dilakukan melalui media sosial ini bisa diukur dengan mudah melalui insight yang ada. Sehingga kita tahu engagement akun kita atau konten yang sudah kita unggah performanya seperti apa.
4. Influencer
Terakhir ada influencer, yang turut andil dalam mengembangkan sebuah bisnis. Peran yang mereka lakukan sangat berpengaruh, apalagi influencer punya pengikut loyal dan dekat dengan audiens.
Agar efektif, jangan sembarangan memilih influencer, pilih lah yang punya rekam jejak bagus, dan sesuai dengan niche produk atau brand kita.
Sehingga SobatIAM bisa mendapatkan hasil dari tujuan yang ingin dicapai, misalnya meningkatkan awareness, mendongkrak penjualan atau meningkatkan jumlah pengikut media sosial.
Nah, itu tadi beberapa jenis campaign yang bisa SobatIAM lakukan untuk kebutuhan brand kamu nih. Pilih sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, dan jangan ragu untuk eksplorasi hal yang baru, sehingga promosi yang kita buat terlihat fresh!
Comments
No Comment yet