Bisa Meyakinkan Pelanggan, Simak Beberapa Manfaat dari Product Knowledge
(Freepik/nakaridore)
Ada banyak cara bagi para influencer untuk mendapatkan pundi-pundi cuan, apalagi di era yang serba maju dan mudah ini, bermunculan profesi yang bisa mendukung keahlian para influencer.
Misalnya menjadi seorang host specialist di platform TikTok. Ketika mempromosikan produk, tentunya kita sendiri perlu tahu juga mengenai produk tersebut mulai dari cara pakai, bahan dan lain-lain, itulah dinamakan product knowledge.
Nah, bukan hanya influencer saja, rekan brand juga perlu tahu apa itu product knowledge, berikut beberapa manfaatnya yang sudah iam.id rangkum di bawah ini!
Apa itu Product Knowledge?
Seperti namanya, product knowledge adalah ketika seseorang memahami mengenai produk yang tengah ia jual.
Tentunya dalam sales representative, pengetahuan mengenai produk ini sangat penting saat menghadapi calon pembeli.
Baca juga: Rekan Brand Hati-Hati, Ini 5 Kesalahan dalam Promosi Produk
Bayangkan saja jika seorang sales tidak bisa menjawab pertanyaan mengenai detail produk, mereka akan ragu untuk membeli bukan?
Maka dari itu, mulai lah amati dan lakukan riset mengenai produk yang dijajakan, bisa soal manfaat produk, cara pakai, keunggulan, bahan, dan fungsi yang ada di produk tersebut.
Selain itu, setiap orang yang mengetahui terkait product knowledge tentunya tidak akan kesulitan menjelaskan ke calon pelanggan. Berikut ada beberapa manfaat product knowledge untuk bisnis.
1. Mudah dalam mengomunikasikan sebuah produk
Ketika sedang menjajakan produk, tentu kita harus meyakinkan calon pelanggan agar mau membeli atau menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan.
Jika kebetulan berhadapan dengan calon pembeli yang masih ragu untuk membeli, tentunya kita perlu menjelaskan dengan rinci dari spesifikasi barang tersebut.
Baca juga: Modal Penting Influencer, Berikut 5 Cara Review Produk Hasil Endorse
Melalui product knowledge ini, calon pelanggan bisa tahu seluk beluk soal produk karena informasi yang disampaikan sesuai dengan apa yang dimiliki produk tersebut.
2. Bisa meyakinkan calon pelanggan
Jika memiliki produk dengan kualitas oke, tentu kita akan percaya diri bukan? Namun jika produk tersebut oke namun sulit untuk menyampaikannya, apa tidak khawatir pelanggan enggan membeli?
Nah, melalui product knowledge ini pemilik bisnis atau seorang host live streaming sebuah brand bisa lebih percaya diri, yang bisa berujung pada peningkatan penjualan.
Baca juga: Sangat Bermanfaat, Berikut 4 Fitur Instagram yang Mendukung Promosi Produk
Melalui pengetahuan yang mumpuni dari sebuah produk, kita bisa membuat pelanggan lebih yakin dan percaya diri untuk membelinya.
3. Bisa meningkatkan standar sebuah produk
Jika seorang sales atau pemilik brand tau kualitas produk yang ia jual, maka tak sulit juga untuk mengidentifikasi produk kompetitor.
Saat mengetahui produk sendiri, secara otomatis muncul ide untuk pengembangan produk yang lebih mumpuni.
Baca juga: 5 Ide Konten Instagram Reels yang Menarik untuk Bisnis!
Maka dari itu, secara tidak langsung product knowledge ini akan berguna untuk pengembangan atau upgrade sebuah produk agar lebih baik lagi kedepannya.
Sangat bermanfaat bukan untuk sebuah brand ketika tahu seluk beluk mengenai produk yang dijual? Lakukan riset dan baca lebih lanjut mengenai produk yang akan dijual, hal ini bisa membantu dalam mengomunikasikan kepada calon pelanggan agar yakin dengan produk milik kita nih SobatIAM.
Comments
No Comment yet